Mengenal Hiperemesis Gravidarum, Penyakit Hamil yang Diderita Kate Middleton

Jum'at, 08 September 2017 - 08:25 WIB
Mengenal Hiperemesis Gravidarum, Penyakit Hamil yang Diderita Kate Middleton
Mengenal Hiperemesis Gravidarum, Penyakit Hamil yang Diderita Kate Middleton
A A A
INGGRIS - Kehamilan ketiga Kate Middleton disambut bahagia kerajaan Inggris. Sayang, dibalik kebahagiaan tersebut, istri Pangeran William ini dikabarkan mengalami hiperemesis gravidarum (HG).

Dilansir Daily Mail, para ahli memperingatan Dutchess of Cambridge tersebut. Pasalnya, HG hanya menyerang 1% dari kehamilan.

Seperti diketahui, HG merupakan komplikasi yang menyebabkan mual dan muntah berlebihan. Berbeda dengan morning sickness biasa, HG tidak begitu saja hilang sehingga bisa membuat beberapa ibu hamil tidak tidur.

Hal ini disebabkan tidak bisanya para ibu hamil menahan makanan atau minuman. Selain itu, HG juga disebut-sebut kerap menyebabkan para ibu hamil harus menjalani rawat inap selama kehamilannya lantaran mengalami dehidrasi. Jika dehidrasi menyerang, hal ini berpotensi menyebabkan bayi mengakami kelainan.

Pasalnya, sang ibu terlalu banyak muntah dan mengurangi jumlah cairan tubuh. Sementara cairan tersebut dibutuhkan bayi untuk berkembang.

Para ahli juga mengatakan kondisi ini tidak bisa pulih sampai bayi lahir, namun beberapa kasus bayi kembali normal sekitar 20 minggu. Sejumlah data pun menunjukkan bahwa calon ibu kehilangan cairan tubuh sampai 10% dari berat badannya.

Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya penumpukan racun dalam darah atau air seni yang dikenal sebagai ketosis lantaran tubuh mencoba mengimbangi kurang makanan.

Para ahli memperkirakan kasus ini terjadi sekitar satu dari setiap 100 orang. Sedangkan tanda dan gejala HG, di antaranya mual dan muntah yang berkepanjangan, dehidrasi, tekanan darah rendah serta penurunan berat badan yang cepat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7962 seconds (0.1#10.140)
pixels