Novel 'Erstwhile' Ajak Pembaca ke Zaman Majapahit

Senin, 11 September 2017 - 16:29 WIB
Novel Erstwhile Ajak Pembaca ke Zaman Majapahit
Novel 'Erstwhile' Ajak Pembaca ke Zaman Majapahit
A A A
JAKARTA - Novel fiksi sejarah bertajuk Erstwhile Persekutuan Sang Waktu karya Rio Haminoto membuat pengunjung pameran Buku Indonesia Internasional dihelat di JCC Senayan penasaran. Pasalnya novel tersebut mengajak pembaca ke era Kerajaan Majapahit.

"Saya menulis Majapahit karena disitu awal tradisi Indonesia dengan era kepemimpinan Gajah Mada. Buku ini merupakan jenis fiksi sejarah. Tema yang saya ambil ini campuran antara abad ke-14 dengan tokoh keseharian di abad ke-21," kata Rio saat peluncuran novel di JCC, Jakarta, Minggu (10/9/2017).

Pada acara yang dihadiri mantan Cawagub DKI Jakarta, Sylviana Murni dan aktris Shahnaz Haque, Rio menjelaskan, buku itu menceritakan mengenai tokoh utama Raphael Harijono (Rafa) yang menggambarkan dirinya secara subyektif sebagai penulis dan Picaro Donevante yang terinspirasi dari tokoh Marcopolo.

"Saya ingin menggabungkan konsep sejarah internasional dengan sejarah dalam negeri yang multi etnik dan mengajarkan Indonesia akan kekayaan kebudayaan dan nilai-nilai toleransi di Indonesia," tambahnya.

Buku yang diterbitkan 'm&c!' itu merupakan salah satu nominasi 16 karya terpilih dari Ubud Writers & Readers Festival 2016 yang diikuti oleh sedikitnya 890 karya tulisan.
"Harapan saya agar pembaca bisa terinsipirasi menjadi sejarah negara Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan di kombinasikan dengan sejarah internasional," kata Rio.

Erstwhile yang memiliki makna yang terindah dan yang sebelumnya merupakan edisi pertama karya Rio yang mengangkat perpaduan sejarah non fiksi budaya Nusantara dengan sejarah internasional.

"Seri berikutnya saya akan menulis perpaduan lima penari Jawa yang menari di kota Paris pada 1889 dengan legenda si Pitung pendekar Betawi yang masih dalam proses penulisan," tuturnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4171 seconds (0.1#10.140)