Waspada! Bokong Sering Gatal Tanda Ambeien

Kamis, 14 September 2017 - 14:20 WIB
Waspada! Bokong Sering Gatal Tanda Ambeien
Waspada! Bokong Sering Gatal Tanda Ambeien
A A A
JAKARTA - Waspada jika Anda merasakan nyeri pada anus hingga gatal di bokong saat duduk terlalu lama. Pasalnya, hal ini menandakan Anda menderita wasir atau ambeien. Kondisi ini bisa dilihat saat Anda sering alami sembelit.

Direktur pusat motilitas gastrointestinal di Mount Sinai Hospital, Gina Sam, MD menjelaskan bahwa dalam kondisi tersebut, pembuluh darah vena di sekitar anus akan menegang dan rentan mengalami luka karena kotoran yang keras. Membiarkan pantat duduk terlalu lama di kursi juga bisa membuat stres pembuluh darah.

Selain itu, ibu hamil juga cenderung rentan mengalami wasir. "Sementara gejala wasir di sana tidak mudah untuk dilihat, Anda mungkin bisa merasakannya ketika buang air besar atau membilas dubur Anda dan seringkali, jika Anda memiliki wasir, Anda akan melihat tetesan darah di toilet,” papar Sam.

Dilansir dari Womenshealthmag, untuk mengatasi kondisi ini, Sam menyarankan mengobati penyebab utamanya dan mencari akar masalahnya. Misalnya, saat sembelit berati Anda harus memperbaiki diet.

"Anda perlu makan setidaknya 25 sampai 30 gram serat sehari dan minum delapan sampai 10 gelas air," jelasnya.

Sebaiknya pilih makanan berserat tinggi seperti apel, roti gandum dan kacang-kacangan. Kurangi juga waktu duduk atau jongkok di toilet untuk menghindari tekanan ke anus yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk istirahat dari duduk lama setiap 15 menit dengan cara berjalan atau melakukan aktifitas lainnya. Pasalnya, duduk terlalu lama tak hanya bisa menyebabkan wasir tapi juga mengiritasi wasir.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3282 seconds (0.1#10.140)