3 Efek Tak Sarapan bagi Kesehatan

Sabtu, 16 September 2017 - 06:14 WIB
3 Efek Tak Sarapan bagi...
3 Efek Tak Sarapan bagi Kesehatan
A A A
JAKARTA - Sarapan adalah asupan gizi pertama, di mana fungsi fisiologis utamanya adalah mengakhiri puasa di malam hari dengan menyediakan nutrisi yang tepat bagi tubuh. Lalu apa efeknya jika tidak melakukan sarapan?

Ahli Gizi Dr Samuel Oetoro Ms Sp GK merinci 3 efek bagi mereka yang tidak mengisi perutnya di pagi hari dengan asupan yang bergizi. Berikut penjelasannya;

1. Tekanan Darah Menurun
Saat seseorang tidak sarapan, maka tidak adanya karbohidrat yang masuk ke dalam perut. Ini membuat gula darah menurun sehingga tubuh akan cepat lemas dan tidak maksimal dalam melakukan berbagai kegiatan, khususnya bagi mereka yang memiliki aktivitas padat.

"Kadar gula akan menurun dan itu akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bersemangat," kata Dr Samuel.

2. Menurunnya Kecerdasan
Sarapan membuat otak akan mendapatkan vitamin yang baik. Sarapan juga dapat menyegarkan otak untuk memulai aktivitas. Akan tetapi akan berbeda jika Anda tidak sarapan, maka otak akan lemot.

"Yang paling penting energi untuk otak. Kalau kurangnya karbohidratnya, Anda akan lemot. Jadi Anda susah berfikir," ujarnya.

3. Obesitas
Jika tidak sarapan, Anda tidak akan lebih meningkatkan nafsu makan, saat siang hari. Itu akan menambah beban berat badan menjadi tinggi.

"Tidak sarapan bisa membuat Anda kegemukan karena siang harinya Anda balas dendam (makan). Jadi Anda kurang kontrol. Akhirnya porsinya lebih banyak. Akibatnya terjadi indeks masa tumbuhnya meningkat, masuklah obesitas dan obesitas itu banyak terjadi karena mereka yang enggak mau sarapan," tukas.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0791 seconds (0.1#10.140)