Tips Hilangkan Kebiasaan Mengupil

Rabu, 27 September 2017 - 17:20 WIB
Tips Hilangkan Kebiasaan Mengupil
Tips Hilangkan Kebiasaan Mengupil
A A A
JAKARTA - Apakah Anda punya kebiasaan mengupil, bahkan sampai Anda melakukannya saat berada di luar? Ini saatnya menghentikan kebiasaan yang tidak bersih dan tidak menyenangkan untuk dilihat ini. Berikut untuk menghentikan kebiasaan mengupil dikutip dari Wikihow:

1. Terima kenyataan bahwa Anda memiliki masalah
Jika Anda mengupil secara teratur, akui saja. Kebiasaan lazimnya berhenti disadari setelah beberapa saat dan diterima sebagai sesuatu yang sudah biasa. Mengupil mungkin berawal di rumah, tetapi kemudian merambah ke lingkungan sekitar, tempat Anda merasa perbuatan Anda tidak mengganggu atau tidak disadari orang lain. Kenyataannya, orang-orang sadar dan mereka tidak menyukainya, terutama jika teman akrab melihat Anda melakukannya terus-menerus.

2. Temukan alasan Anda ingin mengupil
Jika sekadar kebiasaan, kemungkinan Anda semakin nyaman melakukannya seiring waktu dan kini mengupil berfungsi sebagai bentuk meyakinkan diri atau refleks tangan. Di lain pihak, mungkin ada alasan jelas yang menyebabkan Anda mulai mengupil.

Contohnya, Anda mungkin memiliki kondisi medis yang menyebabkan rongga hidung gatal atau terisi kotoran sehingga Anda harus membersihkannya agar tidak mengganggu. Jika masalahnya berkelanjutan, ini saatnya Anda mengunjungi dokter untuk mengetahui masalah yang Anda hadapi. Mungkin ada hal lain yang lebih berbahaya yang masuk hidung Anda daripada sekadar jari Anda.

3. Bersihkan hidung Anda setiap pagi atau sore
Coba gunakan pembersih hidung yang mengandung elektrolit untuk mencuci bersih rongga hidung tempat lendir berasal. Menyingkirkan sumber upil akan mencegah pembentukan upil. Tidak ada upil, tidak ada keinginan untuk mengupil.

4. Ubah perilaku Anda
Ada yang bilang butuh 21 hari untuk menghentikan kebiasaan. Untuk 21 hari ke depan, Anda punya tugas untuk berhenti mengupil dan menemukan kegiatan untuk dilakukan jari-jari Anda yang nakal.

5. Ubah proses berpikir Anda
Setiap pagi, siang, dan malam, yakinkan diri bahwa Anda akan berhenti. Katakan kepada diri Anda dengan lantang bahwa anda memiliki hidung yang bersih. Ini peringatan positif. Hindari peringatan negatif (Jangan ngupil), karena alam bawah sadar tidak memahami kalimat negatif dan malah berfokus pada aktivitas yang dilarang tersebut. Alih-alih, berikan alam bawah sadar Anda fokus alternatif berupa kegiatan apa pun yan sedang Anda lakukan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7448 seconds (0.1#10.140)