Hamil di Usia Muda, Bahayakah?

Jum'at, 29 September 2017 - 14:07 WIB
Hamil di Usia Muda, Bahayakah?
Hamil di Usia Muda, Bahayakah?
A A A
JAKARTA - Wanita yang menikah pada usia muda dan ingin cepat hamil kerap bertanya soal keamanan dari kehamilan dini. Seperti Kylie Jenner yang dikabarkan hamil di usianya yang menginjak 20 tahun. Lalu, apakah hamil muda ini berbahaya?

Spesialis kandungan Dr Liva Wijaya SpoG mengatakan kehamilan di usia dini bisa menyebabkan masalah pada janin dan cenderung akan melahirkan secara prematur.

"Risiko kehamilan remaja pada ibu adalah meningkatnya komplikasi kehamilan seperti preeklamsia/ eklamsia, yaitu peningkatan tekanan darah dan kejang pada ibu hamil yang disebabkan kehamilan, anemia, malnutrisi, kelahiran prematur, dan kesulitan persalinan sehingga meningkatkan angka seksio sear/bedah sesar dan kematian ibu," kata Dr Liva Wijaya SpoG di Jakarta.

Bayi yang akan dikandung pun akan rentan mengalami kecacatan. Pasalnya wanita di usia muda cenderung susah mengontrol emosi yang bisa membahyakan kesehatan calon bayi.

"Efek kehamilan remaja bagi janin/bayi yang dikandung adalah cacat bawaan, kekurangan gizi, infeksi, prematur, kematian janin dan neonatal. Karena kontrol emosi dan cueknya ibu dalam menjaga kesehatan calon bayi," terang dia.

Untuk itu disaranakan agar calon ibu muda mencari informasi tentang kehamilan. Suami juga ikut membantu dalam menjaga kesehatan calon buah hati.

"Saling kerja sama dan juga meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan pada bayi sangat utama," tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5622 seconds (0.1#10.140)