Meditasi Bisa Cegah Munculnya Penyakit Jantung

Senin, 02 Oktober 2017 - 13:19 WIB
Meditasi Bisa Cegah Munculnya Penyakit Jantung
Meditasi Bisa Cegah Munculnya Penyakit Jantung
A A A
JAKARTA - Penemuan terbaru menunjukkan bahwa meditasi bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. American Heart Association (AHA) telah mengulas belasan jurnal tentang meditasi dan efeknya terhadap penyakit jantung. Di mana meditasi bisa dipertimbangkan sebagai aktivitas pasien jantung.

Dilansir dari Time, manfaat tersebut bisa dirasakan dengan diimbangi kebiasaan yang menyehatkan seperti menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan hingga berhenti merokok.

"Pesan kami, meditasi mungkin tambahan dalam mencegah penyakit jantung yang masuk akal. Namun bukan berarti dengan melakukan meditasi orang jadi tidak melakukan hal-hal standar dalam mencegah dan atau mengobati penyakit jantung," papar Ketua AHA dan American College of Cardiology, Glenn Levine.

Dari berbagai jurnal ilmiah, meditasi terbukti bisa menurunkan faktor risiko terserang penyakit jantung yakni stres dan tekanan darah tinggi. Sementara keduanya merupakan salah satu faktor serangan jantung. Meski demikian, masih diperlukan studi lanjutan untuk memperkuat efek meditasi pada kesehatan jantung.

"Ya, kami sangat semangat untuk melakukan riset ini. Sehingga bisa melihat bukti secara ilmiah," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7015 seconds (0.1#10.140)