10 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Selasa, 03 Oktober 2017 - 02:08 WIB
10 Cara Menjaga Kesehatan Jantung
10 Cara Menjaga Kesehatan Jantung
A A A
LOS ANGELES - Jantung merupakan organ yang sangat vital. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa sudah terpisah dari raga. Untuk itu menjaga kesehatan jantung sangat penting. Sayang, hal ini masih banyak orang yang belum sadar akan masalah jantung.

Merawat dan menjaga jantung agar tetap sehat memang tidak mudah, tetapi harus dimulai dari sekarang. Mengutip Times Of India, ada 10 cara menjaga jantung tetap sehat:

1. Kenali lemak berbahaya
Sebagian besar dari kita tidak tahu perbedaan antara berbagai jenis lemak. Padahal terdapat lemak yang bisa membahayakan jantung. Salah satunya lemak trans atau biasa dikenal sebagai lemak tak jenuh.

Lemak trans sering didapati pada makanan cepat saji, makanan kemasan dan makanan olahan serta roti. Ini karena lemak tak jenuh meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda dan mengurangi kolesterol baik.

Namun, lemak tak jenuh terkadang dibutuhkan oleh tubuh.Untuk itu mengontrol pola makanan sangat penting untuk kesehatan jantung.

2. Jangan duduk terlalu lama
Pekerjaan yang membuat anda harus duduk terlalu lama harus di hindari. Sebab duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Sebab, hasil penelitian menunjukkan duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147 persen.



Kemungkinan lainnya adalah kematian akibat penyakit ini juga berlipat ganda. Jadi bisa meningkat kematian hingga 90 persen.

3. Berhenti merokok
Seorang perokok aktif akan lebih mudah terkena serangan jantung. Asap pada tokok juga berbahaya bagi kesehatan jantung walaupun Anda tidak merokok, di mana risiko terkena jantung sebesar 30 persen.

4. Pertahankan kebersihan gigi
Banyak yang tidak tahu tentang hubungan gigi dengan jantung. Kesehatan gigi berarti mendapatkan kesehatan jantung yang baik. Ini karena faktor risiko penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1219 seconds (10.55#12.26)