Waspada! Wanita Lebih Mudah Terkena Stroke

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 08:14 WIB
Waspada! Wanita Lebih Mudah Terkena Stroke
Waspada! Wanita Lebih Mudah Terkena Stroke
A A A
JAKARTA - Stroke merupakan kondisi saat aliran darah dalam otak berhenti. Dalam beberapa menit, sel-sel otak mulai mati sehingga menyebabkan stroke.

Beberapa gejala stroke, seperti mati rasa secara tiba-tiba pada bagian wajah, lengan, atau kaki. Bagi Anda, kaum perempuan, harus waspada. Pasalnya penyakit ini banyak menyerang wanita.

Guru Besar Ilmu Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI Prof.Dr.dr.Yoga Yuniadi, Sp.JP(K),FIHA, FasCC mengatakan wanita rentan terkena stroke.

"Fibrilasi Atrium (FA) atau penyakit kelainan irama jantung yang menyebabkan stroke pada wanita meningkat sebesar 20% pada usia 60 sampai 80 tahun," kata dr.Yoga.

Rentannya wanita yang terkena stroke dibandingkan pria dikarenakan sel endothelial, di mana sel ini membuat pola mirip mosaik paving yang membalut pembuluh darah.

Substrat toksin, misalnya nikotina akan membuka struktur mosaik ini sehingga memungkinkan molekul lebih besar yang berpotensi merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit dan gangguan yang disebut vaskular.

"Perempuan itu memiliki sel endontelial yang lapisan bahwa pembuluh darah dan lapisan yang seperti ini dalam mempengaruhi kesehatannya," terang dia.

Tidak hanya itu, wanita juga tidak memiliki hormon esterogen sehingga kaum perempuan rentan untuk terkena stroke yang disebabkan oleh FA.

"Wanita di usia 60 tahun ini tidak bisa memproduksi esterogen sehingga penggumpulan darah lebih tinggi," ujar dia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7816 seconds (0.1#10.140)