Tips Meningkatkan Berat Badan Anak

Selasa, 24 Oktober 2017 - 06:01 WIB
Tips Meningkatkan Berat Badan Anak
Tips Meningkatkan Berat Badan Anak
A A A
JAKARTA - Orang tua suka khawatir dengan tubuh anak yang kurus, terlebih jika tinggi dan berat badan tak seimbang. Namun, tak perlu khawatir, ada cara yang bisa membuat si kecil menambah berat badan yang ideal dan sehat.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Diana F Suganda MKes SpGK mengatakan untuk membuat berat badan anak naik dibutuhkan kandungan gizi yang alami, di mana kandungan gizi itu tidak rusak dan kandungan gizinya tak hilang.

"Intinya jangan biarkan nutrisinya rusak dan proses dalam penyiapannya. Contohnya, sayur dimasak terlalu lama. Ini membuat kandungan gizi akan berkurang," kata dr Diana di Jakarta.

Selama ini banyak orang tua menganggap menaikan berat badan itu dilakukan dengan cara meningkatkan karbohidrat. Padahal, meningkatkan karbohidrat malah membuat tubuh tak sehat lantaran karbohidrat menambah lemak, bukan menambah massa otot dalam tubuh. Jadi, lebih baik meningkatkan protein dari pada karbohidrat.

"Untuk kurva pertumbuhannya memang berat badannya kurang, kita tambahkan protein untuk berat badan, bukan double karbohidrat karena tambah karbohidrat. Jadi lemak bukan nambah massa otot. Nah, protein doubel itu akan membuat asupan nutrisi lebih baik dan masa otot lebih tinggi, kayak kacang-kacangan dan telur," bebernya.

Selain itu, menambah minyak ikan dalam makanan sangat penting. Sebab, minyak ikan memiliki protein yang tinggi dan mudah meningkatkan berat bada anak yang baik dan sehat.

"Sama tambahkan olive oil kalau anak umur tiga sampai enam tahun. Bisa diberi satu kali sehari, walaupun nanti ada rasa yang beda pada makannya, cuma itu lebih efektif," tukas dia.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2683 seconds (0.1#10.140)