Penyebab Hidung Meler Saat Cuaca Dingin

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 17:11 WIB
Penyebab Hidung Meler...
Penyebab Hidung Meler Saat Cuaca Dingin
A A A
AUSTRALIA - Sebuah penelitian baru dari Australia mengungkap sebanyak 50 sampai 90% orang mengalami hidung meler saat terpapar cuaca dingin.

David King dari The University of Queensland mengatakan hidung meler saat terpapar cuaca dingin berhubungan dengan kelembaban udara yang masuk ke hidung.

Dilansir ABC Australia, saat menarik napas, membuat udara yang masuk ke hidung menjadi hangat dan basah sehingga tidak melukai sel-sel di paru-paru. Namun saat udara yang masuk ke hidung dingin dan kering, fungsi tersebut pun akan terganggu.

Udara dingin dan kering akan mengaktifkan respons pembuluh darah di otak untuk membuat hidung lebih hangat dengan meningkatkan aliran darah ke hidung. Otak menstimulasi kekebalan tubuh di hidung yang membuat produksi cairan bertambah agar udara yang masuk ke paru-paru tidak kering.

Produksi cairan hidung yang berlebihan inilah yang disebut dengan ingus dan membuat hidung meler.

"Hidung meler saat cuaca dingin lebih terasa pada pengidap asma dan alergi karena sistem kekebalan tubuh mereka bekerja lebih kuat daripada orang biasa," papar King.

Meski demikian, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan. Menurut King, ini merupakan kondisi normal sehingga tidak memerlukan pengobatan. Untuk mengatasi hidung meler saat cuaca dingin, King menyarankan cukup dengan menggunakan saputangan dan tisu.

"Ada juga yang menyebut penggunaan obat antikolinergik dan semprot hidung antiperadangan bisa bermanfaat, namun penelitiannya masih dalam skala kecil," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0841 seconds (0.1#10.140)