Tekan Penderita Diabetes lewat Kampanye Hands4Diabetes

Selasa, 14 November 2017 - 03:09 WIB
Tekan Penderita Diabetes lewat Kampanye Hands4Diabetes
Tekan Penderita Diabetes lewat Kampanye Hands4Diabetes
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data World Health Organization (WHO) diabetes country profiles 2016 menunjukkan, penderita diabetes di Indonesia cukup tinggi. Sebesar 7,3% dialami wanita dan sedikit lebih banyak dibandingkan pria, yakni 6,6%. Angkat kematian wanita akibat diabetes juga lebih tinggi dibanding pria.

Nah, memperingati world diabetes day atau hari diabetes sedunia yang jatuh setiap 14 November, Tropicana Slim kembali menginspirasi masyarakat untuk hidup sehat dengan menggelar kampanye Hands4Diabetes pada acara Diabetes Walk 2017 yang diselenggarakan di Lapangan Parkir Park and Ride Thamrin 10, Jakarta, Minggu (12/11/2017).

Digelar untuk keempat kalinya, kampanye ini dilaksanakan secara serentak di 40 kota Indonesia, mulai Aceh hingga Jayapura. Melalui kegiatan ini, Tropicana Slim mengundang masyarakat untuk berdonasi dengan memberikan petisi #Hands4Diabetes dalam bentuk cap tangan sebagai bentuk aksi solidaritas kepada diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes).

Berdasarkan keterangan pers yang diterima SINDOnews, mengusung tema Wanita dan Diabetes, kampanye ini telah berhasil mengumpulkan 18 ribu petisi dari seluruh Indonesia.

Nantinya dana yang sudah terkumpul akan disalurkan melalui Komunitas Sobat Diabet untuk melakukan edukasi dan pencegahan diabetes di berbagai wilayah di Indonesia.

"Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka penderita diabetes yang semakin bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan International Diabetes Federation 2015, penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta orang, menjadikam diabetes sebagai pembunuh no 3 di Indonesia. Dalam hal ini, peran ibu menjadi krusial sebagai pilar nutrisi keluarga atau nutritional gatekeeper karena ibu menjadi penentu makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk keluarganya," kata dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD.

Sementara, Jakarta Diabetes Walk dimeriahkan oleh beragam aktivitas pencegahan diabetes, mulai fun walk, senam, ajakan membatasi asupan gula serta pengecekkan gula darah peserta.

Tropicana Slim Brand Manager, Noviana Halim mengatakan, sebagai bentuk pencegahan penyakit diabetes, dilakukan dengan mengajak masyarakat mengkreasikan foto bertemakan gambar smile pada telapak tangan dan mengunggahnya melalui akun Instagram dengan menyertakan hastag #Hands4Diabetes.

"Gambar smile tersebut juga diwarnai sesuai dengan simbol warna aspirasi petisi. Kampanye ini berhasil mengumpulkan sekitar ribuan foto, di mana setiap foto yang masuk setara dengan satu strip pengecekkan gula darah yang digunakan pada acara puncak, serta donasi untuk disalurkan kepada ]Komunitas Sobat Diabet," jelas Noviana.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8344 seconds (0.1#10.140)