Insomnia? Jus Ceri Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Jum'at, 17 November 2017 - 10:14 WIB
Insomnia? Jus Ceri Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak
Insomnia? Jus Ceri Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak
A A A
JAKARTA - Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan memberikan pengaruh pada tubuh, termasuk jus buah. Seperti halnya yang ditunjukkan dalam penelitian terbaru bahwa jus ceri bisa membantu tidur lebih nyenyak. Penelitian ini dipublikasikan American Journal of Therapeutics.

Dilansir Independent, peneliti menguji jus buah berwarna merah ini pada sekelompok peserta yang mengalami insomnia. Penelitian yang dilakukan Louisiana State University ini menemukan minum jus ceri bisa memperpanjang periode tidur rata-rata satu jam dan 24 menit setiap malam.

Jus ceri juga bisa mengurangi kadar kynurenin dalam darah yang terkait dengan gangguan tidur. Selain itu, minuman ini kaya akan kandungan prosianidin dan antosianin yang juga terdapat di dalam blueberry. Para ahli menilai, kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan.

Dalam penelitian, responden diberi survei tentang kebiasaan tidur mereka. Selanjutnya, secara acak mereka diberi segelas jus ceri atau plasebo yang diminum dua kali sehari, baik sebelum dan sesudah tidur. Setelah dua minggu, responden yang minum jus ceri beralih ke minuman plasebo dan sebaliknya.

Untuk memantau bagaimana minuman tersebut mempengaruhi pola tidur para responden, peneliti memberikan survei yang sama.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang meminum jus ceri, mengalami peningkatan tidur hingga 84 menit dan efisiensi tidur mereka meningkat di Pittsburgh Sleep Quality Index.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5040 seconds (0.1#10.140)