Begini Gejala Awal Anak Terkena Anemia

Sabtu, 25 November 2017 - 12:15 WIB
Begini Gejala Awal Anak Terkena Anemia
Begini Gejala Awal Anak Terkena Anemia
A A A
JAKARTA - Sebagai negara berkembang, masih banyak permasalahan gizi yang terjadi di Indonesia, mulai kekurangan zat gizi makro maupun gizi mikro seperti anemia.

Anemia dapat terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh sehingga cadangan zat besi untuk pembentukan sel darah merah berkurang yang menyebabkan kadar hemoglobin (Hb) darah kurang dari normal.

Anemia tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, juga menyerang anak balita dan usia sekolah. Hasil survei kesehatan rumah tangga (SKRT) melaporkan kejadian anemia paling banyak terjadi pada anak-anak dibandingkan dewasa.

Survei itu memperlihatkan sebanyak 48,1% pada kelompok usia balita dan 47,3% pada kelompok usia anak sekolah. Gejala anemia pada anak pun bisa terlihat.

Dalam keteranan resmi yang diterima SINDOnews, Pada fase awal ini penyakit anemia pada anak biasanya tidak menunjukkan gejala. Namun jika terus berlanjut atau kadar Hb sangat rendah.

Kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen menyebabkan tubuh kekurangan pasokan oksigen dan organ tubuh tidak berfungsi dengan baik sehingga timbul berbagai gejala seperti anak menjadi mulai lemas, lelah, lesu, serta kulit terlihat pucat, kuku jari tangan pucat, sesak napas, berat badan tidak naik optimal bahkan dapat terjadi penurunan berat badan. Apalagi Anak juga rentan terkena infeksi karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Untuk itu, orang tua harus menyadari dan peka akan gejala anemia pada anak sehingga saat sakit anak mendapatkan penangan cepat dan tepat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7949 seconds (0.1#10.140)
pixels