Jay-Z dengan 4:44-nya Dominasi Nominasi Grammy Awards ke-60

Rabu, 29 November 2017 - 04:34 WIB
Jay-Z dengan 4:44-nya Dominasi Nominasi Grammy Awards ke-60
Jay-Z dengan 4:44-nya Dominasi Nominasi Grammy Awards ke-60
A A A
LOS ANGELES - Grammy Awards baru saja mengumumkan daftar nominasinya untuk ajang yang akan digelar tahun depan. Pada nominasi yang diumumkan pada Selasa (28/11/2017), Jay-Z memimpin dengan delapan nominasi di daftar dimana hanya ada sedikit wanita di sejumlah kategori utama dan bahkan Katy Perry tidak masuk nominasi sama sekali.

Album Jay-Z, 4:44, dinominasikan untuk album of the year, salah satu dari tiga kategori utama Grammy. Lagu dari judul album itu dan The Story of OJ dinominasikan untuk lagu dan rekaman terbaik.

Album Jay-Z itu bakal bersaing ketat dengan sejumlah album yang sama-sama kuatnya. Mereka adalah 24K Magic milik Brunom Mars, Melodrama milik Lorde, Awaken, My Love-nya Childish Gambino dan Damn milik Kendrick Lamar.

Kendrick juga akan menjadi pesaing ketat Jay-Z di ajang ini. Dia masuk 7 nominasi. Sementara, Bruno mendapatkan 6 nominasi termasuk tiga kategori utama dan Childish Gambino—alter ego aktor Donald Grover—mendapatkan lima nominasi.

Sementara lagu paling kondang sepanjang tahun ini, yaitu Despacito, milik penyanyi Luis Fonsi featuring Justin Bieber dan Daddy Yankee mendapatkan tiga nominasi. Mereka termasuk rekaman dan lagu terbaik.

Dikutip dari Reuters, Grammy Awards ke-60—event terbesar musik yang memberi penghargaan untuk prestasi bagi lebih dari 80 kategori—dijadwalkan digelar pada 28 Januari 2018 di Madison Square Garden, New York City. Musik yang dirilis antara Oktober 2016—September 2017 masuk kualifikasi penghargaan tahun ini dan akan dipilih anggota Recording Academy yang terdiri atas profesional industri musik.

Tahun ini, pendatang baru penyanyi R&B SZA adalah artis anita dengan nominasi terbanyak yaitu lima nominasi. Salah satunya adalah artis pendatang baru terbaik, dimana dia akan menghadapi Julia Michaels, Alessia Cara, Khalid dan rapper Lil Uzi Vert.

Album Reputation milik Taylor Swift tidak bisa masuk nominasi tahun ini karena dirilis pada November ini. Tapi, Taylor mendapatkan dua nominasi termasuk menulis lagu untuk grup country Little Big Town, Better Man.

Sejumlah nama besar tidak masuk nominasi tahun ini termasuk Draka, yang albumnya More Life mendominasi streaming, tangga lagu dan radio sejak dirilis pada Maret lalu. Sementara, Katy Perry sama sekali tidak mendapatkan nominasi untuk album terbarunya, Witness.

Ed Sheeran, yang albumnya, Divide, memuncaki tangga lagu di selujruh dunia mendapatkan dua nominasi di kategori pop. Lady Gaga dan Kesha masing-masing mendapatkan dua nominasi di kategori yang sama dengan Ed.

Ketiadaan sejumlah nama artis besar wanita menandai perbedaan yang kontras dengan Grammy 2017. Saat itu, Beyonce memimpin nominasi tapi Adele menyapu bersih penghargaan tertinggi. Tidak satupun dari mereka mengeluarkan karya baru tahun ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7323 seconds (0.1#10.140)