Studi: Kayu Manis Bisa Bikin Badan Kurus

Jum'at, 01 Desember 2017 - 11:08 WIB
Studi: Kayu Manis Bisa Bikin Badan Kurus
Studi: Kayu Manis Bisa Bikin Badan Kurus
A A A
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan manfaat kayu manis. Kandungan cinnamaldehyde yang ada dalam rempah tersebut, terbukti bisa membantu membakar lemak dalam tubuh.

Cinnamaldehyde merupakan minyak esensial yang memberikan rasa khas. Dilansir Independent, hal ini terbukti mampu melindungi tikus percobaan dari obesitas di beberapa penelitian sebelumnya.

Baru-baru ini, peneliti di University of Michigan menemukan, minyak ini bisa mengaktifkan termogenesis atau proses metabolisme tubuh yang membakar kalori untuk menghasilkan panas dan proses inilah yang akan menurunkan berat badan.

Selain manfaat tersebut, peneliti juga menyimpulkan kayu manis bisa meningkatkan manfaat metabolik. Kepala peneliti Jun Wu, asisten profesor peneliti di Life Sciences Institute menyadari manfaat kandungan tersebut dan ingin meneliti lebih lanjut efek minyak itu pada tubuh manusia.

"Para peneliti menemukan bahwa senyawa ini mempengaruhi metabolisme dan kami ingin mengetahui bagaimana caranya, jalur apa yang mungkin terlibat, seperti apa yang terjadi pada tikus percobaan dan apa seperti apa yang terjadi pada sel manusia," ujar Wu.

Wu dan timnya menguji sel lemak dari sejumlah responden. Mereka pun menemukan adanya peningkatan ekspresi gen dan enzim yang bisa meningkatkan metabolisme lipid setelah diberikan cinnamaldehyde.

Artinya, saat kandungan tersebut dikonsumsi manusia bisa membantu mendorong termogenesis dan proses pembakaran lemak di tubuh.

"Kayu manis telah menjadi bagian dari makanan kita sejak ribuan tahun lalu, dan orang umumnya suka. Jadi, jika ini bisa membantu melindungi dari obesitas, maka ini bisa memberikan pendekatan pada kesehatan metabolisme yang lebih mudah bagi pasien untuk dilakukan," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4984 seconds (0.1#10.140)