Ladies, Ini Usia Ideal Wanita Hamil

Jum'at, 01 Desember 2017 - 17:12 WIB
Ladies, Ini Usia Ideal Wanita Hamil
Ladies, Ini Usia Ideal Wanita Hamil
A A A
JAKARTA - Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat akan menjalani program hamil. Selain kesehatan istri dan suami, usia juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Idealnya, usia wanita untuk hamil adalah 20 hingga 35 tahun. Para ahli menilai, pada rentang usia tersebut, reproduksi siap untuk memulai kehamilan. Tentunya ini baik untuk kesehatan dan proses kehamilan.

"Usia ideal secara reproduktif adalah 20-35 tahun. Walaupun bisa saja lebih mudah daripada itu, seperti 18 tahun. Dari segi organ reproduksi memang bagus," kata dr Ardiansjah Dara Syahruddin, Sp.OG.

Jika kehamilan terjadi di usia yang lebih muda, dr Dar menegaskan, bisa meningkatkan risiko. Salah satunya kondisi mental yang belum siap. Sementara, jika kehamilan terjadi di atas usia 35 tahun, wanita akan lebih rentan mengalami masalah kesehatan baik untuk sang ibu atau bayi.

"Risiko yang dialami banyak sekali, mulai penyakit metabolik, seperti diabetes dan hipertensi, keguguran, berat badan bayi lahir rendah, dan cacat pada bayi (autisme, sindrom Down, dan kelainan bawaan lainnya)," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5149 seconds (0.1#10.140)