Cara Menyimpan Seafood di Rumah

Senin, 04 Desember 2017 - 13:31 WIB
Cara Menyimpan Seafood di Rumah
Cara Menyimpan Seafood di Rumah
A A A
JAKARTA - Hidangan laut menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Cita rasanya yang unik membuat mereka rela merogoh kocek cukup dalam hanya untuk menikmatinya. Namun,tak sedikit yang ingin merasakan sensasi hidangan ini di rumah, tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Sayang, banyak masalah yang kerap dihadapi, salah satunya penyimpanan seafood yang sulit.

Perkembangan mikroba pembusuk dan panthogen yang cepat di seafood membuat bahan makanan yang satu ini mudah rusak atau busuk. Namun jangan khawatir, agar seafood yang Anda beli tak terbuang percuma, seperti dilansir Sydney Seafood School, berikut ini beberapa tips untuk memastikan seafood tetap segar saat disimpan di kulkas dan freezer.

Penyimpanan di Suhu Dingin
Penyimpanan untuk seafood harus dalam kondisi dingin (bukan beku). Anda dapat menyimpannya dalam kulkas. Letakan seafood yang Anda beli di atas piring atau wadah kecil dan tutup dengan kain lembab. Jangan letakan seafood dalam wadah terbuka karena akan menyebabkan kontiminasi dengan makanan lain.

Setiap seafood memiliki daya tahan yang beragam. Oleh karena itu diperlukan pula cara penyimpanan yang berbeda untuk sebagian seafood.Berikut cara penyimpanan untuk beberapa jenis seafood:

1. Ikan Segar
Jika Anda membeli ikan segar, hal yang harus dilakukan adalah membersihkan sisik dan usus dari ikan tersebut. Setelah itu simpan dengan baik sesuai petunjuk di atas. Ikan segar bisa disimpan hingga 2-3 hari.

2.Cumi-Cumi dan Gurita
Untuk seafood jenis ini Anda hanya perlu membersihkan dan membilasnya dengan baik, lalu simpan di lemari es. Usahakan olah cumi atau gurita yang anda beli di hari yang sama hingga 2 hari setelahnya karena kualitasnya akan segera menurun.

3. Udang dan Kerang
Usahakan olah udang dan kerang mati lainnya yang Anda beli di hari yang sama. Kondisinya yang kurang segar akan membuat seafood jenis ini lebih mudah membusuk. Jika Anda ingin menyimpannya di kulkas, simpan sesuai petunjuk di atas dan jangan gunakan kain lembab untuk menutupinya.

4.Krustesea Hidup (gurita,cumi,dll)
Sama seperti sebelumnya, seafood jenis ini harus dimakan secepatnya setelah dibeli. Sebelum dikonsumsi, simpan di wadah atau piring kecil dan tempatkan di bagian kulkas yang paling dingin. Jangan lupa tutupi atasnya dengan kain lembab.

5.Mollusca Hidup (kerang,siput,dl)
Berbeda dengan makanan laut lainnya, simpanlah jenis seafood ini di tempat terhangat di kulkas dan letakan kain lembab di atasnya untuk menjaga kualitasnya.

Penyimpanan di Suhu Beku
Penyimpanan seafood di suhu beku tak memerlukan perlakuan khusus, Anda hanya perlu menyimpannya dengan baik di freezer. Jangan biarkan kemasan terbuka atau bolong agar seafood di dalamnya tidak mengering atau yang biasa disebut freeze burn. Seafood dalam kemasan ini hanya bisa bertahan dalam beberapa bulan, oleh karena itu biasakan tulis tanggal kadaluarsanya agar tidak lupa.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4128 seconds (0.1#10.140)