Pil PCC Digunakan untuk Pelemas Otot

Selasa, 05 Desember 2017 - 19:29 WIB
Pil PCC Digunakan untuk Pelemas Otot
Pil PCC Digunakan untuk Pelemas Otot
A A A
JAKARTA - Pil Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) yang banyak edar secara ilegal dan disebar ke anak-anak ini merupakan obat untuk pelemas otot, di mana dalam penggunannya, obat tersebut tergolong sebagai obat keras dan harus dengan resep dokter.

Ahli saraf dr Frandy Susatia menjelaskan pil PCC merupakan obat pelemas otot, obat untuk sakit pinggang, kejang otot, terutama nyeri terutama. “Jadi obat ini harus pakai resep dokter," kata dr Frandy.

Sama seperti obat pereda nyeri lainnya, konsumsi obat PCC dalam jumlah besar bisa menimbulkan masalah kesehatan serius, di antaranya munculnya ruam kulit, kerusakan hati hingga saluran pencernaan.

"Obat PCC membuat otot yang tegang menjadi lemas sehingga penggunanya merasa rileks. Jika di minum dalam dosis tinggi, pengguna akan merasakan sensasi tubuh ringan atau ngefly. Lalu penurunan kesadaran karena efek pelemas otot itu," jelas dr Frandy.

Seperti diketahui, Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menggerebek sebuah rumah di Jalan Setia Budi, Gilingan, Banjarsari, Solo yang digunakan sebagai pabrik pil PCC pada Minggu (3/12/2017) lalu. Selain Solo, BNN juga menggerebek rumah yang dijadikan gudang tempat pembuatan pil PCC di Jalan Halmahera 27 Semarang.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2719 seconds (0.1#10.140)