Ketagihan Ikan Bakar Teterusan

Minggu, 10 Desember 2017 - 09:10 WIB
Ketagihan Ikan Bakar Teterusan
Ketagihan Ikan Bakar Teterusan
A A A
MANADO - Penikmat mujair bakar di Manado tidak merasa lengkap “petualangannya” jika belum berkunjung ke rumah makan di Jalan Teterusan Mapanget ini.

Seperti apa keistimewaan menu yang ditawarkan? Di rumah makan bernama Pondok Teterusan ini tersedia berbagai macam olahan ikan mujair. Cita rasanya sudah dikenal luas oleh masyarakat Kota Manado karena sebelum menjamur rumah makan di kawasan ini, Teterusan bisa dikatakan perintis. Sambil menikmati suasana asri serta hawanya yang sejuk, menyantap makanan di sini pasti bikin nagih.

Lokasi rumah makan yang terletak tak jauh dari Bandara Sam Ratulangi ini mudah dicari. Kalau Anda berasal dari pusat kota me nuju Bandara, ketika melewati Rumah Sakit TNI AL langsung belok kanan. Atau, saat dekat dengan markas Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud), jalan lurus saja hingga menemukan papan nama Pondok Teterusan.

Lantaran lokasinya dekat Bandara, di tempat ini kita bisa makan sambil menunggu jadwal penerbangan. Suasananya cukup enak. Ada gubuk-gubuk di atas kolam ikan mas dan mujairnya juga.

“Apalagi menu ikan mujair bakarnya sangat enak. Sambalnya nendang habis,” kata John Boulevard, penikmat kuliner asal Toli-Toli saat menikmati makanan kesukaannya di Pondok Teterusan, Rabu (6/12/2017).

Menurut John, untuk beberapa menu, kita harus menunggu sedikit lama hingga sajian yang dipesan di hidangkan di meja. Karena itu, sebaiknya Anda datang ke sini saat santai, tidak dalam kondisi sangat lapar atau ketika jam penerbangan masih lama.

“Rumah makan ini sering dikun jungi warga yang baru datang ke Manado atau yang akan melakukan pener bang an. Sebab, lokasi nya tak kurang 10 menit dari Bandara Sam Ratulangi. Makanya, selalu ramai dikunjungi,” kata Fatmawati, pengajar sekolah menengah pertama di Mapanget, Manado, saat bersua KORAN SINDO di lokasi rumah makan.

Setiap pengunjung selalu menggambarkan suasana rumah makan yang nyaman. Selain ada pondok-pondok di atas air, keberadaan kolam ikan serta pepohonan nan rimbun membuat atmosfer alamiah kian terasa. Apalagi pemandangan di sekitar rumah makan ini sangat indah.

Membuat siapa pun betah berlama-lama di sini sambil menikmati kelezatan menu yang ditawarkan. Masakan di tempat ini tentu saja bernuansa Manado. Sambal rica tak akan ketinggalan dihidangkan untuk menemani menu ikan bakar. Yang sering dipesan pengunjung adalah mujair dan ikan mas bakar.

Menurut Wiwi, salah seorang karyawan Pondok Teterusan, ikan mujair yang dimasak di sini semua fresh, langsung ditangkap dari kolam yang memang dimiliki rumah makan ini. Menu paket ikan mujair terbagi tiga ukuran, yaitu kecil, sedang, dan besar. Harganya mulai Rp25.000, Rp30.000, hingga Rp35.000.

Paket ini sudah ter masuk nasi, sayur kangkung, dan dabudabu. “Karena ikan segar, dagingnya gurih. Apalagi bumbu-bumbunya meresap hingga ke dalam. Makin nikmat jika ditambah dengan dabu-dabu atau rica bakar yang ditabur di atasnya,” ujar Wiwi, menirukan komentar banyak pengunjung.

Sebenarnya, Pondok Teterusan menyediakan beragam menu baru. Seperti paket dada tuna bakar, goreng, atau tuna bumbu RW. Begitu pula dengan menu dada tuna woku belanga, rahang tuna bakar serta kuah asam, dan paket bebek. “Namun, tetap saja ikan mu jair yang banyak dipesan,” ujar Wiwi lagi. (Cahya Sumirat)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5381 seconds (0.1#10.140)