Indonesia Tambah Produksi Vaksin Difteri

Jum'at, 15 Desember 2017 - 11:29 WIB
Indonesia Tambah Produksi Vaksin Difteri
Indonesia Tambah Produksi Vaksin Difteri
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambahkan vaksin difteri di Indonesia. Apa yang dilakukan agar memenuhi masyarakat Indonesia bisa menggunakan vaksin sehingga terhindar dari penyakit mematikan itu.

Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek mengatakan telah bekerja sama dengan Biofarma untuk menambah vaksin difteri. Nantinya vaksin itu akan diberikan secara menyeluruh kepada masyarakat Indonesia.

"Sedang vaksin, saya kira logistik kami siap, vaksi ini bisa dibuat di PT Biofarma, pt Biofarma adalah pt pembuat Vaksin terbesar di dunia. Jadi, kami siap dalam tahap ini dan sudah berkoordinasi, Insya Allah mudah-mudahan kami ingin meminta mereka untuk meningkatkan untuk tahap di Januari atau 2018," kata Menkes Nila dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews.

Penambahan yang dilakukan Kemenkes dipastikan bisa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Pasalnya vaksin ini akan diberikan ke semua provinsi yang ada di Indonesia.

"Cukup banyak ya, sekitar jutaan file, satu file untuk 8 sampai sepuluh orang. Itu kita sediakan begitu banyak. Tentu kita akan mengatasi pertama di provinsi untuk mencegah, ini dilanjutkan terus di tempat yang lain," terang dia.

Untuk wilayah Jakarta, pihaknya sudah memberi beberapa vaksin. Setiap rumah sakit swasta maupun daerah sudah bisa didapati vaksin untuk difteri.

"Tiga dulu, seperti Jakarta Barat, Utara, Banten dan Jawa Barat, tapi tempat lain mereka sudah melakukan juga, seperti Jawa Timur karena vaksin ini selalu ada di Kadinkes," tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6280 seconds (0.1#10.140)