Susah Tidur? Coba Konsumsi Air Kelapa

Jum'at, 22 Desember 2017 - 01:30 WIB
Susah Tidur? Coba Konsumsi Air Kelapa
Susah Tidur? Coba Konsumsi Air Kelapa
A A A
JAKARTA - Bagi mereka yang susah tidur, tentu terasa sangat mengganggu. Apalagi kebiasaan itu terjadi dalam durasi lama, hingga bermingu-minggu. Padahal, keesokan harinya harus bangun dengan kondisi bugar. Lalu bagaimana mengatasinya?

Dilansir The Sun, berdasar penelitian, ada beberapa makanan dan minuman yang dinilai bisa membantu mengatasi gangguan susah tidur.

1. Biji labu
Ahli Gizi Cassandra Barns mengatakan, biji labu memiliki magnesium yang sangat bermanfaat, di mana magnesium bekerja untuk mengendurkan otot dan sering digunakan untuk membantu meringankan sakit dan nyeri.

"Biji labu secara alami tinggi magnesium. Salah satu peran magnesium memungkinkan serabut otot di tubuh kita untuk rileks, ini menetralkan kalsium yang menyebabkan otot berkontraksi," kata dia.

"Hal ini juga memungkinkan magnesium memiliki peran dalam fungsi normal kelenjar pineal yang menghasilkan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun dan membantu kita untuk tertidur," lanjut dia.
Susah Tidur? Coba Konsumsi Air Kelapa

2. Air kelapa
Air kelapa menjadi alternatif yang bagus untuk beberapa minuman manis. Selain itu, juga berguna sebagai pereda rasa sakit alami dan membuat Anda lebih mudah tidur.

"Cobalah minum segelas air kelapa murni di malam hari untuk membantu Anda tidur nyenyak. Air kelapa adalah sumber mineral elektrolit yang sangat baik: potasium, kalsium, magnesium, fosfor dan sodium," kata dia.

Tingkat mineral yang seimbang, sangat diperlukan untuk mempertahankan tindakan otot normal, fungsi syaraf dan hidrasi di tubuh kita. "Kekurangan atau ketidakseimbangan dapat menyebabkan kram dan kaki gelisah di malam hari, dan karena itu mengganggu tidur," beber Cassandra.
Susah Tidur? Coba Konsumsi Air Kelapa

3. Buah Ceri
Jika Anda mencari makanan manis setelah makan malam, Anda mungkin bisa mencoba ceri. Buah lezat telah ditemukan mengandung sejumlah kecil melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur kita.

"Meskipun semua ceri mengandung beberapa melatonin, cart montmorency ceri khususnya telah ditemukan dalam percobaan klinis untuk meningkatkan kadar melatonin tubuh dan meningkatkan waktu tidur," jelas Cassandra.
Susah Tidur? Coba Konsumsi Air Kelapa

4. Roti gandum
Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda seharusnya tidak makan sebelum tidur, tapi ternyata makanan ringan tertentu baik-baik saja. Itu karena kudapan bisa menghentikan kadar gula darah Anda turun dalam semalam.

"Jika Anda terbangun secara teratur di tengah malam, terutama jika tiba-tiba dan kepala Anda merasa nyeri, bawalah kudapan kecil karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau roti gandum kecil, sekitar satu jam sebelum tidur. Ini akan mencegah kadar gula darah Anda menurun pada malam hari," kata ahli gizi lainnya, Marilyn Glenville.
Susah Tidur? Coba Konsumsi Air Kelapa
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6742 seconds (0.1#10.140)