Berkebun Bantu Pria Lansia Lebih Sehat

Senin, 15 Januari 2018 - 17:08 WIB
Berkebun Bantu Pria Lansia Lebih Sehat
Berkebun Bantu Pria Lansia Lebih Sehat
A A A
JAKARTA - Berkebun umumnya dilakukan wanita. Namun tak ada salahnya jika pria lanjut usia juga melakukan kegiatan ini. Pasalnya, selain menyenangkan, berkebun terbukti bisa membuat tubuh lebih sehat.

Dilansir Indian Express, peneliti menemukan bahwa aktivitas berkebun dapat meningkatkan kesehatan mental. Sayang, manfaat ini tidak ditemukan pada para wanita lanjut usia.

"Perbedaan jenis kelamin dalam kesehatan mungkin berkaitan dengan jenis pekerjaan rumah tangga yang wanita lakukan secara berulang dan rutin, seperti bersih-bersih dan memasak. Meskipun ini mungkin memiliki manfaat, tapi terbatas, tidak terlalu aktif secara fisik, tidak benar-benar berolahraga dan tidak terlalu merangsang mental, yang berkaitan dengan kesehatan fisik," kata Nicholas Adjei, peneliti dari Leibniz Institute for Prevention Research and Epidemiology di Jerman.

Peneliti yang melibatkan lebih dari 36.000 pensiunan ini meminta reseponden untuk melaporkan aktivitas sehari-hari dan kesehatan umum mereka dengan mengisi sebuah kuesioner yang diberikan peneliti.

Hasil penelitian menunjukkan, pria lanjut usia yang melakukan pekerjaan di sekitar rumah seperti berkebun, perawatan barang hingga memperbaiki barang lebih sehat dibandingkan pria lainnya.

"Pria yang lebih aktif melakukan banyak pekerjaan rumah tangga, seperti berkebun yang mengerahkan tenaga fisik untuk menggali, memotong dan mengangkut tanah itu baik untuk kesehatan. Kami pikir berkebun dan memperbaiki barang mungkin juga lebih menyenangkan daripada membersihkan," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4491 seconds (0.1#10.140)