Mengerikan! Batuk Terlalu Keras, Tulang Rusuk Wanita Ini Patah

Senin, 22 Januari 2018 - 20:16 WIB
Mengerikan! Batuk Terlalu Keras, Tulang Rusuk Wanita Ini Patah
Mengerikan! Batuk Terlalu Keras, Tulang Rusuk Wanita Ini Patah
A A A
JAKARTA - Waspada saat Anda sedang terserang batuk. Pasalnya, wanita yang tidak diketahui namanya mengalami patah tulang bagian rusuk akibat batuk yang terlalu keras. Hal ini diketahui dari laporan yang diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Dilansir Livescience, perempuan berusia 66 tahun ini mengalami batuk dan pergi menemui dokter. Dia mengira hanya menderita flu. Padahal, sudah batuk kering selama dua minggu dan merasakan sakit pada dada bagian kanan. Sayang, perawatan flu yang didapatnya tidak mengurangi rasa sakit.

Perempuan ini kemudian kembali mengunjungi dokter pada lima hari kemudian. Dia mengangkat baju dan menunjukkan tanda lebam besar di sisi kanan tubuhnya. Dokter kemudian menyarankan untuk menjalani CT scan. Hasilnya menunjukkan wanita asal Massachusetts ini mengalami patah tulang.

Dia mengalami patah tulang di tulang rusuk kesembilan, d mana tulang rusuknya telah patah dan kedua ujungnya terpisah. Lebih dari itu, tes lainnya menunjukkan bahwa wanita tersebut terinfeksi bordetella pertusis yang menyebabkan batuk rejan atau pertusis, infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan yang mudah menular.

Perempuan ini mengaku telah menerima vaksin untuk virus tersebut pada delapan tahun lalu. Selain itu, dia tidak berhubungan dengan orang yang menderita batuk rejan. Sebagai pengobatan, dokter memberikan antibiotik dan wanita tersebut dikabarkan sembuh setelah menjalani operasi.

Pada beberapa kasus, batuk rejan bisa menyebabkan komplikasi seperti fraktur tulang rusuk. Gejalanya seperti flu, mata merah dan berair, sakit tenggorokan dan suhu tubuh yang sedikit meningkat. Biasanya, batuk rejan akan intens sekitar seminggu setelah gejala muncul.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8821 seconds (0.1#10.140)