Bahaya Minum Kopi Saat Haid

Sabtu, 03 Februari 2018 - 18:28 WIB
Bahaya Minum Kopi Saat Haid
Bahaya Minum Kopi Saat Haid
A A A
JAKARTA - Setiap wanita kerap mengalami menstruasi dengan rasa sakit dan stres. Gejala yang cukup sering terlihat selama periode tersebut adalah sakit perut dan sakit kepala.

Nyeri perut disebabkan karena kontraksi otot dan penggunaan pembalut. Perubahan drastis pada hormon saat menstruasi juga bisa menyebabkan sakit kepala. Salah satunya minum terlalu banyak kopi. Ini merupakan kesalahan umum yang dilakukan perempuan selama masa menstruasi.

Ginekolog dan dokter kandungan Klinik Wanita Sehat di Gurgaon Dr Nupur Gupta mengatakan, minum terlalu banyak kopi saat haid bisa menyebabkan dehidrasi. Ini lantaran kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Artinya, tidak hanya meningkatkan produksi urin, juga berkontribusi pada kram yang menyebabkan dehidrasi.

" Jika Anda menderita dehidrasi, bisa memicu sakit kepala. Apalagi kopi juga menimbulkan malapetaka dengan hormon. Ini membatasi pembuluh darah, meningkatkan kecemasan dan juga meningkatkan kortisol yang selanjutnya memperburuk gejala menstruasi," kata Dr Nupur Gupta seperti dilansir Thehealthsite.

Minum secangkir kopi atau dua kopi dalam sehari bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda orang yang membutuhkan secangkir teh setiap 2 - 3 jam atau minum lebih dari 4 cangkir kopi dalam sehari, maka Anda perlu menguranginya.

Ganti kopi dengan teh hijau yang diketahui bisa mempermudah sakit perut selama menstruasi. Namun, jika Anda tidak bisa memikirkan untuk memulai hari tanpa menimati secangkir kopi, berhati-hatilah bahwa gejala menstruasi mungkin menjadi lebih buruk karena lebih berbahaya. Untuk itu, pikir dua kali sebelum minum kopi selama periode menstruasi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4285 seconds (0.1#10.140)