Waspadai Diare hingga Demam Berdarah di Musim Hujan

Selasa, 06 Februari 2018 - 10:22 WIB
Waspadai Diare hingga Demam Berdarah di Musim Hujan
Waspadai Diare hingga Demam Berdarah di Musim Hujan
A A A
JAKARTA - Hujan yang terus mengguyur menyebabkan berbagai macam keluhan. Selain banjir hingga longsor, hujan juga menjadi penyebab munculnya berbagai macam penyakit khususnya pada mereka yang memiliki daya tahan tubuh menurun.

Diare menjadi salah satu penyakit yang mudah menyerang saat hujan lantaran virus dan bakteri yang mudah menyebar. Selain diare, berikut beberpa penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan yang dilansir dari Boldsky.

1. Diare
Pastikan makan dan minum bersih saat musim hujan. Sembarangan mengonsumsi makanan saat hujan memicu diare lantaran virus dan bakteri akan mudah menyebar dan mengontaminasi pada makanan dan minuman.

2. Flu
Selain diare, flu kerap menyerang saat hujan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus. Untuk mengatasinya, jaga daya tahan tubuh dengan menjaga asupan makanan.

3. Batuk

Batuk kerap datang bersamaan dengan flu karena virus yang mudah menyebar. Konsumsi teh hijau dapat membasmi virus yang menyebabkan batuk.

4. Tifus
Selama hujan, air tanah mudah terkontaminasi virus dan bakteri. Agar terhindar dari tifus, pastikan Anda memasak air yang dikonsumsi secara matang atau hindari mengonsumsi air yang tidak dimasak.

5. Demam berdarah
Genangan air merupakan tempat berkembangnya nyamuk. Terutama nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Idealnya bersihkan selokan rumah setiap hari.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7741 seconds (0.1#10.140)