Studi: Kurangi Porsi Makan Tak Efektif Turunkan Berat Badan!

Senin, 19 Februari 2018 - 19:32 WIB
Studi: Kurangi Porsi...
Studi: Kurangi Porsi Makan Tak Efektif Turunkan Berat Badan!
A A A
JAKARTA - Mengurangi porsi makan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Sayang, mulai saat ini Anda harus berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Penn State University, Amerika Serikat menunjukkan hal tersebut tidak efektif.

Peneliti yang melibatkan 100 wanita ini dibagi dalam dua kelompok. Grup pertama diminta datang ke lab sepekan sekali selama satu bulan untuk makan siang. Para responden diminta untuk mengendalikan porsi makan mereka. Sementara, kelopok kedua dibebaskan mengkonsumsi berbagai makanan yang ada.

"Mereka tidak dapat menahan diri dari jumlah makanan yang tersaji di hadapan mereka. Jadi tidak ada perbedaan volume makanan yang signifikan di antara keduanya," kata peneliti Faris Zuraikat seperti dilansir Men's Health.

Meski makan dalam jumlah bayak, Zuraikat mencatat, responden menjaga porsi konsumsi kalori lebih sedikit dibandingkan kelompok pembandingnya. Namun, penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak makanan berkalori rendah dapat memicu penurunan berat badan.

"Caranya dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan berkalori rendah dan sebaliknya lebih sedikit makanan berkalori tinggi," ujarnya.

Terkait temuan ini, Barbara Rolls, PhD, peneliti sekaligus penulis buku The Ultimate Volumetrics Diet menyimpulkan bahwa pendekatan makan lebih banyak, lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan metode sebaliknya.

"Lagipula sulit sekali membedakan porsi makan yang untuk diet dan tidak. Mereka yang makan lebih banyak makanan dengan kepadatan kalori yang rendah seperti sayuran yang kaya air dilaporkan juga tidak mudah lapar," jelas Barbara Rolls.

Sedangkan, rasa kenyang didominasi oleh jumlah makanan yang dikonsumsi, tisak hanya kalori yang dikonsumsi. Contohnya, makan sandwich, pilih roti dari gandum utuh untuk memperbanyak seratnya, kemudian pilih potongan daging yang lebih lean dan ganti mayonaise dengan mustard.

"Jika Anda mengurangi asupan kalori dengan makan makanan yang jumlahnya memuaskan atau mengenyangkan, Anda masih bisa menurunkan berat badan," tutup Zuraikat.
(tdy)
Berita Terkait
PERMINESIA Dorong Edukasi...
PERMINESIA Dorong Edukasi Kesehatan Tubuh dan Hormonal bagi Perempuan Menopause
Generali Health Cities...
Generali Health Cities di 17 Kota Demi Kesehatan Masyarakat
Mutu Fasilitas Kesehatan...
Mutu Fasilitas Kesehatan Menentukan Kesehatan Masyarakat
Optimalisasi Kesehatan...
Optimalisasi Kesehatan Pencernaan Anak untuk Kesehatan Holistik
Vaksinasi Tenaga Kesehatan...
Vaksinasi Tenaga Kesehatan Lansia
Idap Gangguan Kesehatan...
Idap Gangguan Kesehatan akibat Banjir, Para Lansia Serbu Layanan Kesehatan Gratis
Berita Terkini
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
2 jam yang lalu
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
2 jam yang lalu
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
3 jam yang lalu
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
3 jam yang lalu
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
4 jam yang lalu
Pembuktian Irish Bella...
Pembuktian Irish Bella jadi Produser di Film Horor Dosa, Tayang 11 Juni
4 jam yang lalu
Infografis
Cara Diet dengan Jeruk...
Cara Diet dengan Jeruk Nipis agar Cepat Turunkan Berat Badan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved