Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula

Sabtu, 24 Februari 2018 - 13:31 WIB
Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula
Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula
A A A
INDONESIA memiliki banyak gunung yang menyuguhkan pemandangan indah. Namun, banyak orang yang ragu untuk mendaki dan menikmati pemandangan langsung dari puncak gunung.

Buat para pemula yang ingin mencoba mendaki, Acen Trisusanto, pendaki yang juga gemar menulis di blog ini mempunyai tips dan rekomendasi buat kalian. Menurut Acen, selain melihat kepopuleran dan keindahannya, pemula juga harus memperhatikan jarak yang harus ditempuh, jenis track serta cuaca. Berikut rekomendasi Acen untuk kalian para pendaki pemula. Check this out!

1. GUNUNG PAPANDAYAN
Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula

Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.622 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini sangat cocok untuk kalian yang baru pertama kali naik gunung. Menurut pria berkumis tipis ini, Gunung Papandayan mempunyai paket lengkap seperti waktu tempuh yang singkat, yaitu 4-6 jam saja bagi pemula, track yang tidak terlalu sulit, dan tentunya pemandangan yang indah. Selain itu, tersedia WC kapsul yang memudahkan pendaki, terutama bagi pemula yang belum terbiasa menyatu dengan alam. Namun, bagi pemula perlu ekstra hati-hati. Selain dikenal dengan udaranya yang dingin, gunung ini juga salah satu gunung api yang masih aktif. Jadi, perlu persiapan yang matang untuk melakukan pendakian di gunung ini.

2. GUNUNG PANCAR
Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula

Bagi kalian yang ingin naik gunung tetapi tidak mempunyai banyak persiapan dan waktu luang, Gunung Pancar menjadi pilihan yang tepat. Meskipun tidak memiliki puncak, pemandangan hutan pinus yang menyejukkan dapat melepas penat pada akhir pekan. Gunung Pancar terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan ketinggian 800 mdpl. Selain track yang mudah, pengunjung juga dapat berkemping di area sekitar Gunung Pancar serta terdapat pula fasilitas lainnya, seperti berkuda, bersepeda, dan pemandian air panas. Gunung ini cocok didaki bersama keluarga maupun sahabat.

3. GUNUNG BROMO
Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula

Siapa sih yang tak kenal dengan keindahan Gunung Bromo yang terletak di empat lingkup kabupaten, yaitu Lumajang, Probolinggo, Malang, dan Pasuruan. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Tengger Sumeru. Gunung ini tengah menjadi gunung sejuta umat yang populer. Berbagai macam paket perjalanan ditawarkan untuk berwisata di gunung ini. Banyaknya fasilitas yang ada mempermudah para pemula di semua jenis usia.

4. GUNUNG PRAU
Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula

Nah, tak kalah populer dan cocok untuk pendaki pemula adalah Gunung Prau yang berlokasi di kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung Prau sangatlah populer terutama bagi para pendaki yang tinggal di Provinsi Jawa Tengah. Medan yang mudah dan ketinggian yang rendah, menjadikan kegiatan mendaki gunung ini hanya memakan waktu 2-3 jam. Pemandangan bukit ala Teletubies dan sunrise menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sayangnya, penulis buku #JalanPendaki ini selalu apes karena hanya bertemu kabut dan hujan setiap mendaki gunung ini. Bagi kalian yang tertarik untuk mendaki gunung ini, harus sedikit bersabar, karena pendakian Gunung Prau ditutup hingga tanggal 4 April 2018. Hal itu terjadi karena sedang ada penghijauan atau konservasi serta perbaikan jalur-jalur pendakian.

5. GUNUNG ANDONG
Daftar Gunung di Pulau Jawa untuk Pendaki Pemula

Rekomendasi lain dari pemilik akun Instagram @acentris ini adalah Gunung Andong, terletak di Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Memiliki ketinggian 1.726 mdpl, pendakian Gunung Andong membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 jam. Jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain, Gunung Andong ini termasuk yang cukup aman dan tidak terlalu ekstrem. Meski begitu, gunung ini menyimpan pemandangan yang menakjubkan di puncaknya. Pendaki bisa melihat lanskap Kota Solo dan Salatiga dari atas. Asyik ya? Eits, meski indah dan cukup aman, tetap nomor satukan keselamatan dengan mempersiapkan pendakian sebaik mungkin ya.

ISNANI NAFI’AH
GEN SINDO
Institut Pertanian Bogor
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5596 seconds (0.1#10.140)