Pisang Epe yang Kaya Topping

Minggu, 25 Februari 2018 - 08:45 WIB
Pisang Epe yang Kaya Topping
Pisang Epe yang Kaya Topping
A A A
Camilan apa yang paling populer di Makassar? Jawabannya bisa lebih dari satu saking beragamnya varian kudapan yang tersedia.

Kalau sedang ingin yang legit dan manis, pisang epe bolehlah dicoba. Kota Makassar terkenal memiliki kekayaan kuliner yang lezat dan selalu membuat takjub para wisatawan. Di kota ini, berbagai sajian dapat dinikmati, mulai yang berkiblat pada sajian Western, Asia, Nusan tara, hingga tentu saja makanan tradisional setempat.

Orang yang berkunjung ke Makassar biasanya tidak akan merasa lengkap sebelum mencoba salah satu camilan andalannya. Pisang epe contohnya. Dari namanya sudah bisa ditebak, sajian ini berbahan dasar pisang. Pisang ini sebelumnya sudah digepengkan atau dipukul hingga kempes dan rata atau dalam bahasa Bugisnya, “epe”.

Pisang lalu di bakar menggunakan arang hitam di atas tungku, kemudian diberi sentuhan terakhir berupa topping yang dapat dipilih sesuai selera kita. Pisang yang digunakan harus setengah matang dan kulitnya berwarna hijau kekuningan sehingga menghasilkan rasa manis yang pas dengan tekstur yang dijamin mampu menggugah selera.

Biasanya yang dipakai pisang jenis kepok. Untuk menghasilkan pisang epe yang lezat diperlukan waktu membakar sekitar tiga hingga empat menit. Ketika bau harum pisang mulai tercium, itu mengindikasikan kalau sudah saatnya pisang epe tersebut diangkat dan ditempatkan di piring, lalu “didandani” dengan parutan keju, cokelat, atau jenis topping lain sesuai permintaan konsumen.

Anna, pemilik Kafe Rama Jaya di pinggir Pantai Losari yang menawarkan berbagai varian pisang epe, mengata kan menu yang paling digemari pelanggannya adalah pisang epe cokelat keju. Kudapan ini memiliki cita rasa manis yang khas de ngan lelehan cokelat dan keju.

Nikmati selagi masih panas untuk mendapatkan rasa pisang epe yang lezat. Bukan cuma cokelat keju, kafe milik Anna ini juga menawarkan tak kurang dari sembilan varian topping pisang epe yaitu orisinal, durian, cokelat, keju, gula merah kelapa, cokelat kelapa, cokelat durian, dan cokelat kacang.

Selain pisang epe, di sini tersedia pula menu lain seperti sara’ba yang merupakan minuman pendamping dan dijamin akan makin menyempurnakan kelezatan sajian pisang epe di meja pengunjung.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Rangenya antara Rp15.000-25.000 perporsi, disesuaikan dengan topping yang dipesan. Untuk dapat menikmati sajian ini, Anda tinggal memilih satu dari puluhan tenda makan yang menawarkan menu serupa. Mereka biasanya beroperasi pukul 16.00-02.00 Wita setiap hari. (Marhawanti Sehe)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4621 seconds (0.1#10.140)