Kota-Kota Memesona di Atas Tebing

Senin, 26 Februari 2018 - 12:25 WIB
Kota-Kota Memesona di Atas Tebing
Kota-Kota Memesona di Atas Tebing
A A A
Di belahan dunia banyak bangunan kota lama yang memesona, di antaranya adalah kota di atas tebing. Keberadaan kota tebing banyak menyedot minat wisatawan untuk mengunjunginya karena tempat ini biasanya menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan.

Berikut 10 kota indah di dunia yang berdiri di atas tebing.

1. Santorini (Yunani)
Santorini adalah sebuah pulau vulkanik di gugusan pulau-pulau di Cyclades, Yunani. Pulau ini terkenal dengan pemandangan indah, matahari terbenam menakjubkan, rumah-rumah berwarna putih bersih, dan gunung berapi aktifnya. Di pulau ini terdapat Kota Oia di atas tebing setinggi 400 meter.

2. Rocamadour (Prancis)
Rocamadour adalah sebuah desa kecil di atas ngarai Sungai Alzou di barat daya Prancis. Bangunan di Rocamadour mengundak secara bertahap sampai sisi tebing. Desa yang dibangun pada abad ke-12 ini menjadi sepi akibat perang dan Revolusi Prancis. Saat ini Rocamadour kembali populer oleh turis dan peziarah yang datang untuk menghormati Santo Amadour. Menurut legenda, orang suci ini menjadi saksi atas kematian Santo Petrus dan Santo Paulus di Roma.

3. Bonifacio (Prancis)
Bonifacio adalah kota di ujung selatan Pulau Corsica, Prancis. Kota serta benteng di kota ini berjajar memanjang di puncak tebing di ketinggian lebih kurang 70 meter. Tebing di kota ini pada sisi bawahnya makin lama makin terkikis oleh lautan sehingga bangunan di bibir jurang nampak terlihat menggantung. Bila dilihat dari atas laut, kota ini terlihat putih berkilauan di bawah cahaya matahari seolah menggantung di atas air.

4. Castellfollit De La Roca (Spanyol)
Castellfollit De La Roca berdiri di antara desa yang sangat indah di Catalonia, Spanyol. Desa ini dibangun di atas tebing batuan basal pada dua sungai. Beberapa bangunan besar nampak terlihat melayang di pinggir tebing yang memberikan ilusi bahwa rumah-rumah tersebut dapat jatuh ke bawah setiap waktu. Gedung tertua dari desa itu dibangun pada abad pertengahan, terdiri dari jalan-jalan sempit serta sudut-sudut gelap.

5. Acapulco (Meksiko)
Acapulco adalah kota resort terkenal di Meksiko sejak 1950-an dan menjadi langganan lokasi liburan para bintang Hollywood dan para miliarder. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Acapulco tanpa menonton tradisi penyelam melakukan lompatan mengesankan dari atas tebing ke dalam air dangkal yang tersohor sejak 1930-an.

6. Mesa Verde (Amerika Serikat)
Mesa Verde terletak di barat daya Colorado yang populer dikarenakan ada rumah-rumah tebing dari orang anasazi kuno. Mesa Verde adalah temuan arkeologi sangat penting dari budaya asli Amerika. Pada abad ke-12, orang-orang anasazi mulai membangun rumah-rumah di gua-gua dangkal di bawah tebing batu yang menggantung di atasnya di bawah dinding ngarai.

7. Bandiagara (Mali)
Bandiagara adalah sebuah tebing batu pasir di Dogon, Mali. Bandiagara terletak hampir setinggi 500 meter dari dataran berpasir di bawahnya. Di Tebing ini banyak terdapat gua kuno tempat tinggal orang-orang Tellem. Orang-orang Tellem ini memahat gua mereka di tebing ini agar ketika mati nanti, mereka bisa dikubur tinggi di atas permukaan agar terhindar dari banjir yang sering melanda daerah ini.

8. Ronda (Spanyol)
Ronda berada di Provinsi Malaga di Spanyol dengan ketinggian 760 meter. Kota ini terbagi dua oleh Sungai Guadalevin yang mengalir melalui Ronda.Ada tiga jembatan digunakan untuk menyeberangi ngarai sehingga bisa menyeberang dari satu sisi ke sisi lain di Kota Ronda. Kota ini juga merupakan tempat kelahiran adu banteng yang sangat terkenal di negeri Matador.

9. Al Hajjara (Yaman)
Al Hajjara adalah sebuah kota bersejarah di atas tebing di Pegunungan Haraz, sebelah barat Kota Manakhah, Yaman. Kota ini adalah salah satu dari kota-kota pegunungan paling mengesankan dan paling mudah diakses di Yaman. Kota ini dibangun dengan blok batu yang diambil dari tambang batu di gunung terdekat.

10. Positano (Italia)
Positano adalah sebuah kota kecil di Pantai Amalfi di Compania dan merupakan salah satu objek wisata paling populer di Italia. Kota ini tampak tersebar di sebuah tebing dari atas sampai bawah menuju pantai. Meskipun kota ini banyak berkembang namun pada pertengahan abad 19 lebih dari setengah penduduknya telah pergi dari kota ini. Pada abad ke-20, kota ini berubah dari sebuah desa nelayan miskin menjadi daerah tujuan wisata populer.

Desa Tertinggi di Indonesia

Meski bukan berada di tebing, sejumlah desa di Indonesia juga dikenal sangat unik karena berada di daerah pegunungan dengan ketinggian tak biasa. Berikut di antaranya:

Desa Sembungan, Wonosobo
Berada di ketinggian 2.306 mdpl, Desa Sembungan di Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah ini dijuluki sebagai desa tertinggi di pulau Jawa. Wahana wisata untuk menikmati alam di sana pun beragam, mulai dari Bukit Sikunir, Telaga Cebong, Gunung Pakuwojo hingga Curug Sikarim. Benar-benar tempat keren untuk melepaskan penat.

Desa Argosari, Lumajang
Berada di ketinggian 2000 mdpl, Desa Desa Argosari di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Desa ini memiliki udara dingin mencapai 5 derajat celcius. Agrosari juga terkenal dengan puncaknya untuk melihat panorama Gunung Bromo. Disebut puncak B29, belakangan diperebutkan oleh dua kabupaten yaitu Probolinggo dan Lumajang.

Ranu Pani, Lumajang
Desa Ranu Pani Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mayoritas dihuni oleh suku Tengger. Selain udara dingin menyegarkan, di desa terakhir sebelum menuju Gunung Semeru ini memiliki wahana wisata Danau Ranu Pani dan Ranu Regulo yang sudah terkenal di kalangan pendaki.

Desa Wae Rebo, NTT
Meski tak setinggi desa di Jawa, Desa Wae Rebo, Ruteng, Manggarai Barat, Nuta Tenggara Timur benar-benar indah dan membuat banyak orang terkagum-kagum. Bagaimana tidak, permukiman yang hanya diisi 7 rumah adat ini dikelilingi oleh hutan belantara yang asri. Sayangnya, untuk dapat berkunjung ke wana wisata ini harus menempuh perjalanan melelahkan yakni jalan kaki sekitar 2 sampai 3 jam.

Desa Sembalun, NTB
Seluruh pemandangan di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini serba hijau dan bikin mata adem. Terletak di ketinggian sekitar 1.000 hingga 1.200 mdpl, Desa Sembalun makin menarik jika dilihat dari beberapa bukit yang mengelilinginya. Salah satunya adalah Bukit Pergasingan yang menjadi tempat paling indah untuk melihat pemukiman serta ladang desa.

(Infografis: Koran Sindo/Bobby Firmansyah Foto: Sportourism.id, Bimaitumbojo.Blogspot.co.id, Travelingyuk.Com)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4067 seconds (0.1#10.140)