6 Gejala Serangan Jantung seperti yang Dialami Sridevi

Selasa, 27 Februari 2018 - 10:22 WIB
6 Gejala Serangan Jantung seperti yang Dialami Sridevi
6 Gejala Serangan Jantung seperti yang Dialami Sridevi
A A A
JAKARTA - Aktris senior Bollywood, Sridevi Kapoor meninggal dunia pada Minggu (25/2/2018) di usia 54 tahun. Sridevi dikabarkan mengalami serangan jantung saat menghadiri acara di Dubai.

Berkaca pada kondisi Sridevi, wanita rentan mengalami serangan jantung. Karena itu, penting untuk mengetahui tanda atau gejala serangan jantung. Lalu apa saja tanda tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir Health.

1. Sesak napas
Sesak napas menjadi gejala yang umum muncul. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebesar 42% wanita mengalami serangan jantung didahului dengan sesak napas. Pada wanita, gejala ini jarang disertakan dengan nyeri dada.

2. Nyeri tubuh bagian atas
"Saat jantung sedang terluka, rasa sakit bisa dirasakan di daerah lain," kata ahli jantung dr Sharonne Hayes.
Umumnya, rasa sakit muncul pada area leher, punggung, rahang, lengan bagian kiri dan tulang belikat.

3. Mual, muntah dan sakit perut
Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat menjelaskan wanita dua kali lebih mungkin mengalami mual, muntah atau seperti gangguan penceraan saat mengalami serangan jantung. Kondisi ini disebabkan karena suplai darah ke arteri jantung bagian kanan meluas hingga ke dasar jantung sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan.

4. Kelelahan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 70,7% dari 515 wanita mengalami kelelahan selama lebih dari satu bulan sebelum mengalami serangan jantung.

5. Keringat dingin
Penelitian sebelumnya terhadap 1000 pasien menemukan bahwa keringat dingin merupakan gejala dari serangan jantung. Karena itu, wasapadalah jika Anda mengalami keringat dingin meski Anda tidak sedang gugup.

6. Gejala flu
Gejala flu seperti demam, batuk atau sakit tenggorokan merupakan
gejala yang umum dialami wanita. Sayangnya keluhan ini kerap
diabaikan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8683 seconds (0.1#10.140)