3 Daun Herbal Ini Bisa Kurangi Produksi Dahak Berlebih

Sabtu, 03 Maret 2018 - 10:12 WIB
3 Daun Herbal Ini Bisa...
3 Daun Herbal Ini Bisa Kurangi Produksi Dahak Berlebih
A A A
JAKARTA - Dahak atau cairan dalam sistem pernapasan mengandung glikoprotein dan zat lain yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, saat produksi dahak berlebihan dapat menyumbat saluran pernapasan sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

Beberapa tumbuhan yang merupakan bahan herbal dipercaya dapat mengurangi produksi dahak. Tentunya obat herbal ini aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan efek samping. Berikut ulasannya seperti dilansir Step to Health.

1. Daun salam
Kandungan alami pada daun salam baik untuk paru-paru. Sifat ekspektoran pada daun ini bisa mengurangi produksi dahak berlebih sehingga saluran pernapasan lebih lancar.

2. Daun kayu putih
Daun kayu putih mengandung minyak esensial, antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi serta produksi dahak yang berlebih. Kandungan ini juga dapat melegakan hidung dan saluran pernapasan karena sekresi yang menghalangi aliran udara normal hilang. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menghirup uap ekstrak daun kayu putih yang direbus.

3. Thyme
Kandungan aktiseptik, ekspektoran dan antispasmodik pada daun thyme dipercaya dapat membantu meredakan batuk dan iritasi yang memicu produksi dahak berlebihan. Caranya, cukup minum air rebusan thyme dan tambahkan satu sendok madu agar terasa lebih nikmat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0764 seconds (0.1#10.140)