Menikah, Pangeran Harry-Meghan Markle Undang 2.640 Warga Biasa

Sabtu, 03 Maret 2018 - 12:16 WIB
Menikah, Pangeran Harry-Meghan...
Menikah, Pangeran Harry-Meghan Markle Undang 2.640 Warga Biasa
A A A
LONDON - Kebahagiaan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle nantinya juga milik masyarakat Inggris, bukan hanya kalangan elite dan keluarga kerajaan semata. Itu di buktikan dengan keinginan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang mengundang 2.640 warga biasa dalam perayaan pernikahan yang akan digelar Mei mendatang.

Pernikahan Harry dan aktris asal Amerika Serikat (AS) Meghan Markle akan dilaksanakan di Istana Windsor yang menjadi kediaman neneknya, Ratu Elizabeth, 19 Mei mendatang. Itu akan menjadi hajatan besar yang menarik perhatian bukan hanya warga Inggris, melainkan juga dari seluruh dunia.

"Pangeran Harry dan Meghan Markle akan mengundang 2.640 warga masyarakat untuk datang ke Istana Windsor pada hari pernikahan. Masyarakat bisa melihat pasangan kedua mempelai dan tamu mereka serta proses berangkat dari Istana," demikian keterangan Istana Kensington, dilansir Reuters.

Siapa 2.640 tamu undangan warga biasa itu? 200 orang undangan berasal perwakilan dari lembaga sosial dan amal yang memiliki hubungan dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Selain itu, 100 orang adalah kawan sekolah dan tokoh komunitas lokal juga ikut diundang.
Kemudian, 1.200 orang perwakilan dari berbagai wilayah di Inggris yang dipilih berdasarkan usia dan latar belakang. Anak muda juga mendapatkan porsi khusus untuk menunjukkan ke pemimpinan yang kuat.

"Pangeran Harry dan Meghan Markle mengatakan mereka ingin hari pernikahan mereka juga dihadiri masyarakat biasa untuk bisa mengikuti perayaan," keterangan Istana Kensington. "Pernikahan ini, seperti kebanyakan pernikahan, akan menjadi momen membahagiakan dan menyenangkan yang merefleksikan karakter dan nilai-nilai kedua mempelai pengantin tersebut," imbuh mereka.

Selain itu, Harry dan Markle juga mengundang 610 anggota komunitas Istana Windsor, termasuk penduduk Istana Windsor dan anggota komunitas St George's Chapel dan 530 anggota keluarga kerajaan.

Melansir CNN, daftar tamu undangan masih dirahasiakan karena menyangkut keamanan. Ribuan orang diperkirakan melihat langsung prosesi pernikahan, termasuk pawai dan iring-iringan di sekitar Kota Windsor yang berjarak 40 km dari London. Ini berbeda dengan pernikahan Kate Middleton dengan Pangeran William pada 2011 silam yang tidak mengundang tamu dari masyarakat umum.

William dan Kate hanya mengundang tamu khusus dalam momen spesial mereka. Saat itu mereka hanya mengundang 1.900 tamu di Westminster Abbey, termasuk 1.000 teman dan keluarga, termasuk diplomat asing, serta 80 orang yang bekerja dalam lembaga amal. Kemudian, sekitar 800 orang diundang khusus di St Georgeís Chapel.

Pernikahan Harry dan Markle akan dilaksanakan pukul 12.00 siang pada 19 Mei. Proses upacara pernikahan akan dipimpin oleh David Conner, pendeta yang juga pemimpin di Istana Windsor. Selanjutnya, pendeta senior dari Keuskupan Canterbury Justin Welby memimpin saat mereka mengucap sumpah pernikahan kedua mempelai.

Setelah itu, kedua pasangan pengantin akan berparade dengan kereta kuda di Windsor. Rute perjalanan yang di tempat adalah Castle Hill, lalu melewati High Street, Sheet Street, Kings Road, Albert Road, dan kembali melalui Long Walk.

"Pangeran Harry dan Meghan Markle berharap pawai kuda singkat itu akan memberi kesempatan bagi lebih banyak orang untuk berkumpul bersama di sekitar Windsor dan menikmati atmosfer pada hari yang spesial itu," demikian pernyataan resmi Istana Kensington. Pada sore harinya, Harry dan Markle dijadwalkan menggelar resepsi di Hall St George.

Nantinya, pesta itu dipimpin langsung oleh Pangeran Charles, ayah Harry, sama seperti dia menggelar pesta untuk William. Di sanalah kerabat, sahabat, dan keluarga yang diundang berkumpul. Selain itu, masih ada resepsi khusus pada malam harinya yakni undangan makan malam bagi 350 orang.

Lokasi Harry dan Markle di St Georgeís Chapel dan Istana Windsor memang berbeda dibandingkan kebanyakan keluarga Kerajaan Inggris. Pernikahan ayahnya, Pangeran Charles dan Putri Diana, menikah di Katedral St Paul pada 1981. Adapun pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton dilaksanakan di Westminster Abbey.

Sejak Harry dan Markle mengumumkan pertunangan pada November silam, mereka kerap tampil ke publik. Awal pekan ini, Harry dan Markle pun tampil di acara Fab Four, berbicara mengenai masa depan lembaga amal kerajaan, Royal Foundation. Dalam kesempatan itu, Markle mengakui beberapa bulan ke depan dirinya disibukkan dengan urusan rencana pernikahan. "Namun, saya akan tetap terjun ke masyarakat untuk bekerja dalam pemberdayaan gadis dan perempuan di Inggris setelah hari besar itu (pernikahan)," jelas Markle.

Kejutan dari Spice Girls

Lima anggota Spice Girls diperkirakan menghadiri pernikahan Harry dan Markle. Mereka diperkirakan akan tampil dan menjadi ajang reuni. Itu terungkap setelah salah satu anggota Spice Girls, Mel B, membocorkan rencana reuni tersebut. Mel B yang memiliki nama asli Melanie Janine Brown mengungkapkan seluruh anggota Spice Girls diundang dalam pernikahan tersebut.

Pembawa cara talk show "The Real" Loni Love bertanya kepada Mel B, "Kamu tahu siapa saja yang diundang pada pernikahan itu?" Mel B langsung menjawab lugas. "Ya, saya akan datang. Saya tidak mengetahui jika saya mengatakan hal itu!" jawabnya. Didesak apakah kawan-kawan Spice Girls juga akan diundang dalam pernikahan itu. "Ya, lima anggota Spice Girls. Terus...kenapa saya begitu jujur?" ucap Mel B.

Melansir Daily Mail, Pangeran Harry pernah bertemu dengan Spice Girls pada 1997 setelah menghadiri konser mereka. Saat itu usia Pangeran Harry baru 13 tahun. Selain itu, Meghan Markle juga dikenal sebagai penggemar Spice Girls.

Ketika ditanya apakah anggota Spice Girls: Mel B, Mel C, Emma Bunton, Geri Horner, dan Victoria Beckham, akan tam pil pada resepsi pernikahan? "Itu seperti akan terjadi. Saya harus pergi," ujar Mel B. Namun, dia enggan menyebutkan siapa saja tamu undangan.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8482 seconds (0.1#10.140)