Waspada! Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Terbesar di Indonesia

Selasa, 06 Maret 2018 - 03:16 WIB
Waspada! Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Terbesar di Indonesia
Waspada! Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Terbesar di Indonesia
A A A
JAKARTA - Tren penyakit telah mengalami pergeseran, di mana penyakit tidak menular menunjukkan peningkatan di negara-negara middle dan low income, termasuk Indonesia.

"Setiap harinya 16.000 anak meninggal akibat penyakit tidak menular. Jika tidak dilakukan pencegahan apa-apa, maka di tahun 2030, ada 52 kematian akibat penyakit tidak menular," kata Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr. dr. Aman Bhakti Pulungan, SpA(K), FAAP di Jakarta.

Saat ini, kematian di angka 38 juta jiwa dan 82% di antaranya karena penyakit tidak menular. Angka ini menunjukkan bahwa penyakit tidak menular menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Karena itu dibutuhkan pencegahan penyakit tidak menular secara dini.

"Penyakit tidak menular di Indonesia pada anak belum menjadi perhatian. WHO (World Health Organization) telah menetapkan seluruh negara harus memberikan perhatian pada penyakit tidak menular dan obesitas. Pada saat ini buged nasional, BPJS kita habis untuk penyakit tidak menular," tambahnya.

Pada 1990, penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah penyakit menular yakni infeksi saluran pernapasan atas, tuberkulosis dan diare. Namun sejak 2010 penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular yaitu tekanan darah tinggi, stroke, kanker, jantung dan diabetes melitus.

"Kemarin saya melakukan penelitian di Bali, di desa kecil. 20% anak-anak sekolah dasar (SD) di sana mengalami obesitas. Ada anak kelas 5 SD yang beratnya 97 kilogram. Dalam 10-20 tahun lagi dia akan jadi pasien hipertensi, diabetes atau penyakit lainnya. Anak sekolah dasar di wilayah Menteng, 34,2% juga mengalami obesitas," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6752 seconds (0.1#10.140)