Ini Waktunya Membersihkan Jerawat dari Wajah

Sabtu, 17 Maret 2018 - 08:53 WIB
Ini Waktunya Membersihkan Jerawat dari Wajah
Ini Waktunya Membersihkan Jerawat dari Wajah
A A A
JAKARTA - Perawatan wajah menjadi hal yang kerap diutamakan, khususnya wanita. Sementara, jerawat menjadi masalah yang begitu mengganggu. Tak hanya mengurangi nilai penampilan, juga bisa membuat penderitanya mengalami depresi.

Untuk mengatasinya, banyak orang mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan kecantikan. Namun, tahukah Anda kapan waktu yang tepat mengunjungi dokter untuk melakukan perawatan kecantikan?

“Berdasarkan study, jerawat 80% bisa sembuh sendiri. Enggak usah khawatir, kalau jerawat cuma ada 2 misalnya, ya enggak perlu ke dokter. Cukup rawat dengan membersihkan wajah yang benar, nanti bisa sembuh sendiri," kata dr. Sari Chairunissa, SpKK.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir jerawat dari kulit wajah, semua memiliki penanganan yang berbeda, tergantung parah atau tidaknya jerawat. Jerawat ringan bisa dilakukan dengan membersihkan wajah secara rutin dengan tepat agar tidak ada sisa make up dan kotoran yang tersisa hingga menyebabkan jerawat.

“Sesuaikan dengan keadaan wajah, jika merasa habis make up heavy maka bisa cuci muka hingga 2 kali sampai benar-benar tidak ada kotoran yang berpotensi menyebabkan jerawat yang lebih banyak,” sarannya.

Berbeda dengan jerawat ringan, jerawat meradang disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. Dr. Sari mengatakan jerawat meradang biasanya akan muncul dalam jumlah banyak mulai dari 10 hingga 15. Jika, jerawat memerah, besar dan mengeluarkan nanah, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter sehingga mendapatkan perawatan intensif.

"Biasanya dokter akan meredakan peradangan dengan memberikan krim anti inflamasi, bisa juga dengan peeling. Sebenarnya saat jerawat meradang, banyak pasien yang datang karena khawatir akan bekasnya. Semakin besar jerawat maka makin besar juga bekasnya, menghitam, luka, bahkan hingga bopeng,” tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7597 seconds (0.1#10.140)