Mau Cepat Hamil? Perhatikan 5 Tanda Wanita Saat Masa Subur

Selasa, 03 April 2018 - 07:14 WIB
Mau Cepat Hamil? Perhatikan...
Mau Cepat Hamil? Perhatikan 5 Tanda Wanita Saat Masa Subur
A A A
JAKARTA - Ovulasi atau masa subur merupakan proses ketika sel telur yang sudah matang dikeluarkan dari ovarium ke tuba falopi untuk dibuahi. Karena itu, untuk pasangan yang sedang menjalani program kehamilan, penting mengetahui kapan masa ovulasi berlangsung.

"Pada wanita sehat, ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi," kata Donnica L Moore, MD, presiden Sapphire Women's Health Group di Chester, New Jersey.

Dengan mengetahui masa ovulasi, seseorang dapat mengetahui waktu terbaik untuk berhubungan seksual agar dapat segera hamil. Berikut tanda-tanda wanita tengah memasuki masa ovulasi seperti dilansir The Bump.

1. Lendir serviks berubah
Tubuh akan menghasilkan lebih banyak estrogen sehingga menyebabkan lendir serviks menjadi lebih lentur dan lebih bening layaknya putih telur. Biasanya hal ini terjadi saat mendekati masa ovulasi.

Untuk mengetahuinya, masukkan jari ke dalam Miss V, pastikan jari dalam keadaan bersih. Lalu, keluarkan sebagian lendir dan rentangkan sekresi antara ibu jari serta jari Anda. Jika tekstur lengket, elastis, sangat basah juga licin, maka Anda dalam masa subur.

2. Indera penciuman yang meningkat
Saat memasuki masa subur, sensitivitas organ seperti indera penciuman akan lebih meningkat. Ini karena terjadinya perubahan pada tubuh wanita. Penciuman yang lebih sensitif pada kedua siklus menstruasi merupakan tanda masa subur. Saat ovulasi, umumnya wanita akan lebih tertarik pada feromon lelaki yaitu androstenone.

3. Nyeri

Derasnya hormon yang memasuki tubuh sebelum dan sesudah ovulasi membuat tubuh merasa nyeri. Misalnya payudara yang lebih sensitif, sakit ringan atau nyeri di perut bagian bawah. Kondisi ini biasanya terjadi hanya pada satu sisi dengan durasi dalam hitungan menit atau jam.

Selain itu, saat masa subur sebagian wanita juga mengalami perdarahan ringan, keluarnya cairan hingga mual yang dibarengi dengan rasa sakit atau nyeri.

4. Gairah seks meningkat

Perubahan libido membuat gairah seks wanita saat masa subur semakin meningkat. Dengan demikian kondisi ini mendorong wanita untuk bercinta.

5. Serviks lebih lebar

Selama masa subur, serviks akan mengalami perubahan. Biasanya, serviks akan menjadi lebih lebar, terbuka dan lembut.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)