Orthosomnia Buat Gelisah dan Kurangi Kualitas Tidur

Rabu, 11 April 2018 - 03:06 WIB
Orthosomnia Buat Gelisah dan Kurangi Kualitas Tidur
Orthosomnia Buat Gelisah dan Kurangi Kualitas Tidur
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru yang diterbitkan di Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan penggunaan perangkat sleep tracker dapat menyebabkan munculnya gangguan tidur yang disebut orthosomnia.

Ortho berarti lurus atau sempurna dan somnia artinya tidur. Dilansir Independent, meski sleep tracker memberikan kesempatan pada seseorang untuk mengetahui dan memantau pola dan kualitas tidur penggunanya, namun penggunaan perangkat tersebut menyebabkan kegelisahan baru mengenai kondisi dan kualitas tidur seseorang.

"Kendati begitu, ada begitu banyak pasien yang mencari bantuan profesional setelah mereka telah mendiagnosis gangguan tidur mereka sendiri. Mereka merasa kekurangan waktu tidur, insomnia dan tidak memiliki tidur yang berkualitas. Semua diagnosis itu didasarkan pada perangkat sleep tracker,'' tulis hasil penelitian tersebut.

"Karena sangat mengandalkan perangkat tersebut, mereka yang menggunakannya merasa yakin mengalami gangguan tidur. Padahal sebenarnya mereka tidak memiliki gangguan tidur. Akibatnya, mereka terobsesi untuk mendapatkan kualitas tidur yang sempurna," tambahnya.

Tim peneliti mempelajari kasus-kasus gangguan tidur yang dilaporkan pada tenaga profesional, khususnya berdasarkan diagnosis dan informasi dari alat tersebut. Hingga saat ini tercatat setidaknya sebanyak 10% orang dewasa di Amerika Serikat menggunakan sleep tracker secara rutin.

''Ketimbang mengandalkan tubuh mereka dan apa yang mereka rasakan setiap bangun tidur, orang benar-benar mengandalkan perangkat sleep tracker mereka untuk mendiagnosis apakah tidur mereka berkualitas atau tidak,'' jelas penelitian tersebut.

National Sleep Foundation menyarankan, usia dewasa membutuhkan tidur paling tidak tujuh hingga enam jam sehari. Semenatar kualitas tidur tergantung dari kondisi setiap individu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6914 seconds (0.1#10.140)