Alleira Gandeng Model dengan Down Syndrome

Rabu, 11 April 2018 - 14:01 WIB
Alleira Gandeng Model dengan Down Syndrome
Alleira Gandeng Model dengan Down Syndrome
A A A
PERAGAAN busana Alleira Batik di Plaza Indonesia Fashion Week 2018 memberi suguhan berbeda.

Tidak hanya menampilkan koleksi busana terbaru yang dibawakan para model semampai, tetapi juga tiga model dengan down syndrome yang berhasil mencuri perhatian. Di ajang Plaza Indonesia Fashion Week 2018 lalu, Alleira Batik menampilkan koleksi terbaru bertema Amorous atau cinta kasih.

Menariknya, tema ini dipilih untuk memperingati Hari Down Syndrome Sedunia yang jatuh pada 21 Maret 2018. Sebelumnya, Alleira mengadakan pergelaran fashion di Paris awal Maret lalu juga menggandeng Madeline Stuart.

Perempuan kelahiran Australia ini merupakan model profesional pertama di dunia yang merupakan anak dengan down syndrome. “Sehubungan dengan hal tersebut, kami tetap mengajak model dengan down syndrome di Plaza Indonesia Fashion Week. Harapannya, memberi kesempatan anak dengan down syndrome untuk mewujudkan impian mereka,” ujar Lisa Mihardja, CEO Alleira Batik, di Plaza Indonesia, Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, menurut Ketua Umum Potads (Persatuan Orang Tua dan Anak dengan Down Syndrome) Sri Handayani, down syndrome merupakan kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental yang disebabkan abnormalitas perkembangan kromosom.

Menurut perempuan yang akrab disapa Yani ini, pada anak normal terdapat dua kromosom 21, sementara anak dengan down syndrome memiliki tiga kromosom 21. “Karena itulah, Hari Down Syndrome Sedunia diperingati setiap tanggal 21 bulan ketiga (Maret),” ujar Yani.

Yani menuturkan, anak dengan down syndrome mudah dikenali dari bentuk wajahnya yang khas. Berteman dan berinteraksi dengan mereka dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga akan mendorong anak dengan down syndrome mandiri.

“Di peragaan ini, tiga anak dengan down syndrome diajarkan berpose, berjalan ke depan, kemudian memberi senyum kepada penonton. Sebelum mengikuti peragaan busana ini, mereka cukup sering tampil di peragaan busana lainnya,” tutur Yani.

Bertempat di The Warehouse Lantai 5, Plaza Indonesia, Jakarta, tamu undangan dan media sudah memadati tempat duduk peragaan busana. Menjelang pukul 19.00 WIB, peragaan pun dimulai. Di koleksi Spring/Summer 2018 ini, para model menghadirkan busana bermotif batik tradisional Indonesia dengan garis geometris.

Garis geometris tersebut dikombinasikan dengan bunga dan motif modern eksklusif dari Alleira. Tidak hanya itu, busana dalam peragaan ini juga menghadirkan sistem pewarnaan yang menggunakan banyak warna seperti pelangi.

COO Alleira Batik Zakaria Hamzah menuturkan, koleksi kali ini menampilkan warnawarna segar yang dikombinasi kesan elegan dalam warna gelap di setiap siluetnya. Seketika suara tepuk tangan riuh memenuhi The Warehouse Plaza Indonesia. Secara berturut-turut, tiga model dengan down syndrome terlihat melenggang bebas di runway. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7271 seconds (0.1#10.140)