Studi: Makan Kue Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan

Jum'at, 27 April 2018 - 14:19 WIB
Studi: Makan Kue Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan
Studi: Makan Kue Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan
A A A
JAKARTA - Banyak orang menolak mengkonsumsi kue cokelat karena takut gemuk. Padahal, kelezatannya begitu menggoda.

Faktanya, cokelat dapat meningkatkan mood atau menormalkan tekanan darah. Ini karena kandungan zat kimia yang disebut phenylethylamine, di mana cokelat membuat penikmatnya merasa sangat baik!

Namun, banyak yang tidak tahu jika mengkonsumsi cokelat atau kue coklat gelap dapat membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang?

Umumnya, untuk menurunkan berat badan, seseorang disarankan banyak makanan sehat, seperti kecambah, sayuran hijau, makanan kaya protein, brokoli, dan lainnya. Tapi, apakah Anda tahu makan kue cokelat hitam adalah pilihan lain untuk menurunkan berat badan?

Seperti dilansir Boldsky, sebuah penelitian mempelajari pengaruh kue coklat gelap pada penurunan berat badan. Lebih dari 190 individu gemuk dilibatkan dalam penelitian, mereka dibagi menjadi dua kelompok.

Salah satu kelompok dibuat untuk makan makanan penutup dalam sarapan, termasuk kue coklat, donat, dan kue. Kelompok lain disarankan untuk sarapan yang lebih kecil dengan hampir setengah kalori dibandingkan dengan kelompok sebelumnya.

Kelompok yang diberi sarapan lebih besar dibuat untuk makan malam lebih kecil dengan kalori yang jauh lebih rendah. Namun, konsumsi kalori per hari dari setiap kelompok sama persis, yaitu sekitar 1400 kalori untuk wanita dan 1600 kalori untuk pria.

Kedua kelompok tersebut dimonitor, sementara mereka melanjutkan pola yang sama selama 32 minggu. Hasilnya, mereka kehilangan jumlah berat yang sama. Namun, dalam fase pascastudi, grup sarapan besar kehilangan rata-rata 15 pound, sedangkan kelompok sarapan kecil mendapat sekitar 24 pound!

Alasannya sederhana. Kelompok yang memiliki kalori lebih rendah untuk sarapan, mengalami gula yang kuat dan mengidam karbohidrat di siang hari, dan sebagai hasilnya tertipu pada rencana diet. Tetapi kelompok sarapan besar merasa lebih puas dan energik sepanjang hari, dan tidak perlu makan makanan manis atau makanan karbohidrat tinggi.

Penambahan berat badan adalah banyak waktu yang disebabkan karena keinginan yang meningkat untuk gula atau karbohidrat di dalam tubuh, yang disebabkan oleh kurangnya mereka! Banyak diet dapat menjanjikan penurunan berat badan cepat dengan mengikuti prinsip melarang makanan berkalori tinggi seperti makanan pencuci mulut.

Jenis diet ini sangat efektif untuk jangka pendek, tetapi sangat sulit untuk dipertahankan karena para pelaku diet cenderung menyerah pada keinginan kuat untuk memiliki makanan ini, dengan demikian memperoleh kembali berat yang mungkin sebelumnya hilang!

Manfaat lain dari makan kue coklat untuk sarapan adalah bahwa itu berhasil membantu mengatur hormon yang disebut 'ghrelin', yang bertanggung jawab untuk merangsang nafsu makan. Ini membantu menekan rasa lapar pada waktu makan yang lain.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5274 seconds (0.1#10.140)