Kiat Memilih Alat Kontrasepsi

Senin, 07 Mei 2018 - 15:00 WIB
Kiat Memilih Alat Kontrasepsi
Kiat Memilih Alat Kontrasepsi
A A A
PENGGUNAAN kontrasepsi bersifat individual dan tidak bisa dipukul rata; cocok buat si A, belum tentu cocok buat si B. Kalau begitu, apa saja pertimbangan dalam memilih metode kontrasepsi?

Seperti dikatakan Product Manager Kontrasepsi Andalan Norina Veronica, pilihlah kontrasepsi yang sesuai dengan kenyamanan dan kepribadian Anda. Untuk yang satu ini, Anda bisa membuka situs moth3rs.com untuk mengetahui perencanaan pilihan kontrasepsi modern yang sesuai.

Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN drg Widwiono MKes menyarankan, jika sudah punya anak dan tidak berencana memiliki anak dalam waktu dekat, sebaiknya pilih KB implan atau IUD yang tidak mengganggu hormonal. "Juga untuk menghindari lupa kalau pakai pil," katanya.

Bagi mereka yang menggunakan alat KB hormonal (pil, suntik) lebih dari dua tahun, dia menyarankan untuk diberhentikan dahulu dan beralih ke KB nonhormonal seperti IUD. Hal ini karena terdapat risiko kesehatan yang mungkin terjadi. Diketahui, pil KB mengandung hormon tambahan yang menyerupai hormon perempuan, tetapi sintetis. Jika digunakan dalam jangka panjang, akan berisiko darah tinggi.

"Bagaimana pun zat dari luar yang kita konsumsi bertahun-tahun bisa membahayakan kesehatan. Maka itu, setelah dua tahun, harus diganti dengan KB nonhormonal," kata dr Dinda.

Penggunaan IUD juga harus dikontrol setiap enam bulan atau setahun sekali. "Apalagi kalau aktivitasnya cukup tinggi, misalnya suka olahraga kickboxing, khawatir IUD bergeser," papar drg Widwiono.

Kontrasepsi jangka panjang juga menuntut sang ibu untuk rutin kontrol ke dokter kandungan. Dr Dinda Derdameisya SpOG dari Brawijaya Healthcare menganjurkan untuk didampingi suami jika akan memasang IUD. "Kalau ada persetujuan dan pendampingan dari suami kan lebih baik, meskipun alat kontrasepsi adalah hak sang istri," kata dr Dinda.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5633 seconds (0.1#10.140)