Punya Riwayat Penyakit Seperti Gogon? Yuk, Jaga Kesehatan Jantung

Selasa, 15 Mei 2018 - 16:51 WIB
Punya Riwayat Penyakit...
Punya Riwayat Penyakit Seperti Gogon? Yuk, Jaga Kesehatan Jantung
A A A
JAKARTA - Penyakit jantung disebut-sebut menjadi salah satu penyebab meninggalnya pelawak senior Margono alias Gogon Srimulat pada Selasa (15/5/2018) pukul 05.15 WIB.

Gogon memang memiliki riwayat penyakit jantung. Gangguan kesehatan ini sudah diidapnya selama dua tahun. Belajar dari kasus tersebut, mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung harus lebih menyayangi jantungnya. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti dilansir The List, berikut cara menjaga kesehatan jantung.

1. Olahraga

Tak hanya dapat menurunkan berat badan, olahraga juga dapat menjaga jantung lebih sehat. Tidak perlu olahraga berat, bisa dilakukan dengan jalan sehat atau jogging selama 30 menit dan 3-5 kali dalam seminggu.

2. Hindari rokok

Rokok mengandung lebih dari 40 ribu zat kimia yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tak hanya perokok aktif, perokok pasif juga memiliki risiko penyakit jantung sebesar 25-30%.

3. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat tentunya dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat. Saat makan, pastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dalam satu porsi terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, makanan pokok yang mengandung karbohidrat dan protein.

4. Cukup istirahat

Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang cukup istirahat atau memiliki waktu tidur 7-9 jam semalam memiliki jantung yang sehat. Ini berlaku untuk semua usia.

5. Jaga berat badan

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung. Kegemukan dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, kadar kolesterol, sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Karena itu, penting untuk menjaga berat badan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0124 seconds (0.1#10.140)