Studi: Seperempat Penduduk Dunia Bisa Alami Obesitas pada 2045

Minggu, 27 Mei 2018 - 09:06 WIB
Studi: Seperempat Penduduk...
Studi: Seperempat Penduduk Dunia Bisa Alami Obesitas pada 2045
A A A
AUSTRIA - Penelitian yang dipresentasikan di kongres tentang obesitas di Wina, Austria menyebutkan bahwa hampir seperempat atau 22% orang di dunia akan mengalami obesitas pada 2045. Angka ini naik 14% pada 2017.

Fakta lainnya ditemukan bahwa satu dari delapan penduduk dunia akan memiliki diabetes tipe 2. Para peneliti mengatakan untuk menstabilkan tingkat diabetes secara global hingga 10% tingkat obesitas harus diturunkan dari 14% menjadi 10% di tahun 2045.

"Angka-angka ini menggarisbawahi tantangan mengejutkan yang akan dihadapi dunia," kata kepala petugas medis dunia di Nove Nordisk Research and Development, Alan Moses.

Dilansir New York Post, penelitian ini ditulis oleh para peneliti dari Nove Nordisk Research and Development di Søborg, Denmark, Health Advocacy di Bagsværd, Denmark, dan University College London di Inggris. Seperti diketahui, obesitas dapat menjadi faktor penyebab penyakit kronis.

"Masing-masing negara harus bekerja dengan strategi terbaik untuk mereka," tutur Moses.

Penelitian ini juga menemukan, orang dengan kenaikan berat badan moderat sebelum usia 55 tahun berisiko tinggi mengalami kematian dini dan penyakit kronis. Selama penelitian, wanita mengalami kenaikan berat badan rata-rata hingga 10 kilogram dan pria mengalami kenaikan hingga 8,6 kilogram.

"Studi kami adalah yang pertama dalam kategorinya, yang secara sistematis meneliti hubungan kenaikan berat badan dari awal hingga dewasa pertengahan, dengan risiko kesehatan di kemudian hari," tutur penulis senior Frank Hu, profesor nutrisi dan epidemiologi, serta kepala Departemen Gizi di Harvard T.H. Chan School of Public Health.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1545 seconds (0.1#10.140)