Bakteri pada Hand Dryer Bisa Bikin Infeksi

Senin, 28 Mei 2018 - 13:33 WIB
Bakteri pada Hand Dryer Bisa Bikin Infeksi
Bakteri pada Hand Dryer Bisa Bikin Infeksi
A A A
JAKARTA - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hand dryer yang terdapat pada toilet umum merupakan sarang bakteri. Temuan ini dipublikasikan online melalui jurnal Applied and Environmental Microbiology.

Lalu kenapa hand dryer di toilet umum menjadi sarang bakteri? Dilansir Livescience, setelah digunakan, bakteri dari mesin pengering tangan ini tidak hanya menempel pada dinding toilet, juga terbang di udara. Hal ini dapat menginfeksi manusia.

Banyak penelitian serupa yang menunjukkan hal yang sama. Salah satunya penelitian yang dilakukan di University of Connecticut School of Medicine. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bakteri apa saja yang kemungkinan besar hidup di toilet.

Dalam penelitian, peneliti menggunakan alat bantu berupa 36 piring yang telah dilapisi glukosa dan ditempatkan hampir di setiap sudut toilet. Responden diminta menggunakan toilet dan tidak mengeringkan tangannya menggunakan hand dryer.

Kelompok lain diminta menggunakan hand dryer untuk mengeringkan tangan. Selanjutnya, peneliti membandingkan pertumbuhan bakteri pada masing-masing piring yang diletakkan di toilet. Hasilnya, mereka yang tidak menggunakan hand dryer ditemukan sedikit bakteri yang terbang dan tersebar di area toilet.

Fakta lainnya adalah jumlah koloni bakteri yang terdapat di setiap piring hanya 6. Peneliti menduga, bakteri ini berasal dari udara toilet khususnya yang dihasilkan akibat penyiraman kotoran di toilet. Sementara mereka yang menggunakan hand dryer, ditemukan jumlah koloni bakteri pada piring meningkat menjadi 60.

Untuk membuktikan apakah terdapat tumpukan mikroba sejenis bakteri, peneliti melihat ke dalam mesin hand dryer. Hasilnya ditemukan bahwa hand dryer menyimpan banyak bakteri sehingga saat digunakan bakteri ini menyebar dan terbang ke tempat lain termasuk ke tangan.

Namun, penelitian ini tidak ditemukan berapa jumlah bakteri yang menyebar atau berpindah ke tempat lain.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5358 seconds (0.1#10.140)