Penderita Diabetes di Indonesia Tembus 10,3 Juta Jiwa

Jum'at, 01 Juni 2018 - 06:31 WIB
Penderita Diabetes di Indonesia Tembus 10,3 Juta Jiwa
Penderita Diabetes di Indonesia Tembus 10,3 Juta Jiwa
A A A
JAKARTA - Federasi Diabetes Internasional (IDF) Atlas 2017 edisi ke-8 mengungkapkan jumlah penderita diabetes di Indonesia telah mencapai angka 10,3 juta orang. Angka tersebut diprediksi terus meningkat hingga 16,7 juta pada 2045.

"Sebagai penyakit tidak menular dengan jumlah penderita relatif tinggi, diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyita perhatian banyak orang, termasuk kami pihak pemerintah. Kami saat ini fokus pada pengendalian faktor risiko diabetes melalui upaya promotif dan preventif," kata Kepala Seksi Gangguan Metabolik Direktorat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr Sylviana Andinisari M.Sc.

Untuk itu, penting melakukan deteksi dini sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan resiko penyakit tidak menular ini, termasuk diabetes.

Seperti diketahui, diabetes merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh. Karena itu penting untuk mengetahui gejala awal diabetes. Baik bagi yang berisiko tinggi maupun yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat diabetes.

"Kami juga terus mendorong antara kementerian dan lintas sektor terkait lainnya untuk meningkatkan kerja sama dalam mengatasi masalah kesehatan sehingga semua kebijakan yang ada berpihak pada kesehatan, terutama dalam hal ini mendukung upaya pencegahan dan pengendalian diabetes yang terus meningkat," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4680 seconds (0.1#10.140)