Pentingnya Tidur untuk Kesehatan

Sabtu, 02 Juni 2018 - 11:32 WIB
Pentingnya Tidur untuk Kesehatan
Pentingnya Tidur untuk Kesehatan
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang setiap tidur, tetapi tidak menikmati manfaatnya dan pernahkah Anda bertanya-tanya, tiba-tiba merasa kehabisan energi dan konsentrasi selama akhir pekan?

Tentu, ini terjadi ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur selama seminggu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pulih dari semua hari yang telah dijalani.

Sayang, kondisi ini menjadi umum pada masyarakat saat ini, terutama di antara para profesional yang bekerja karena mereka mengalami pengerahan tenaga fisik dan mental sepanjang minggu.

Padahal, seperti dilansir Boldsky, tidur itu sangat penting, meski pun Anda tidur setiap hari, tetapi tidak dapat mendefinisikannya. Bahkan, para ilmuwan tidak dapat mendefinisikan tidur, kecuali penjelasan bahwa itu adalah proses di mana tubuh memulihkan dan memperbaharui dirinya sendiri. Ini juga membantu dalam memproses pengalaman dan menyimpan ingatan.

Ada bukti eksperimental yang menunjukkan tidur bahkan meningkatkan daya retensi dan memori yang membuat Anda dapat menggunakan informasi ketika diperlukan. Tidur bukan hanya bagian penting dari kehidupan manusia, juga penting bagi hewan.

Berapa banyak tidur yang sehat? Tidur disebabkan oleh jam alami tubuh yang diprogram untuk memiliki siklus terjaga dan tidur. Dianjurkan untuk tidur antara enam hingga delapan jam setiap dua puluh empat jam. Seiring dengan jumlah jam, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur.

Siklus tidur dipengaruhi oleh ritme jantung dan dikendalikan oleh neuron otak. Baik siklus jantung dan neuron otak dipengaruhi oleh faktor eksternal yang berbeda, seperti aktivitas fisik dan mental, cahaya, panas, dan suhu. Ini menjelaskan mengapa gaya hidup Anda memengaruhi tidur.

Bahkan perubahan hormon di dalam tubuh memengaruhi tidur. Sementara, tidur minimum sangat penting dan tidur berlebihan harus dihindari karena dapat membahayakan dan menyebabkan kantuk.

Untuk Anda yang kurang tidur, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada tingkat molekul dalam darah yang menyebabkan kelelahan kronis, mengantuk di siang hari, dan kurangnya konsentrasi dan perhatian. Selain gejala-gejala yang tampak normal ini, kurang tidur dapat menyebabkan beberapa gangguan yang sebenarnya, seperti Insomnia dan Sleep apnea.

Orang yang menderita sleep apnea mengalami jeda atau penurunan pernapasan saat tidur. Di sini otak tidak mengirim sinyal ke otot untuk bernafas.

Mencuri beberapa waktu tidur tambahan selama akhir pekan mungkin berguna untuk menutupi kekurangan yang terjadi selama seminggu, tetapi masih tidak akan memulihkan utang tidur kronis. Tidur ekstra atau hanya berbaring beberapa jam ekstra di tempat tidur di siang hari dapat membantu mempertahankan beberapa energi ekstra untuk minggu yang akan datang, tetapi jangan kesiangan karena itu juga memiliki konsekuensi yang sama.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kompensasi pada tidur yang hilang selama akhir pekan dapat meningkatkan tingkat kematian hingga 65% karena tingkat molekul dalam darah.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6815 seconds (0.1#10.140)