3 Gejala Umum Penyakit Stroke yang Dialami Hari Moekti

Senin, 25 Juni 2018 - 20:34 WIB
3 Gejala Umum Penyakit Stroke yang Dialami Hari Moekti
3 Gejala Umum Penyakit Stroke yang Dialami Hari Moekti
A A A
JAKARTA - Stroke memerlukan penanganan yang cepat dan tepat untuk mencegah dan menghindari terjadinya kecacatan, bahkan kematian.

Deteksi dini penyakit stroke penting untuk diketahui. Umumnya penyakit stroke seperti yang dialami mantan rocker yang beralih menjadi pendakwah, Hari Moekti terjadi secara tiba-tiba.

Penyakit ini menimbulkan gejala khusus sesuai bagian otak yang tidak tersuplai darah. Karena itu, deteksi dini penyakit stroke penting untuk diketahui guna meminimalisasi risiko pasien. Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tanda dan gejala penyakit mematikan ini.

Padahal, masa yang tidak boleh terlewati pasien stroke agar mendapat penanganan lebih dini hanya tiga jam setelah stroke menyerang. Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada tiga gejala umum penyakit stroke yang mudah diketahui masyarakat awam, yaitu gangguan otot wajah, gangguan bicara dan kelemahan anggota gerak.

Biasanya, wajah pasien stroke akan terlihat menurun satu sisi sehingga membuat pasien tidak bisa tersenyum. Arm (lengan), pasien stroke juga tidak bisa mengangkat salah satu lengannya karena lemah atau mati rasa. Speech (bicara), pasien stroke biasanya tidak jelas saat berbicara atau tidak bisa bicara sama sekali meski dalam keadaan sadar.

Tiga gejala tersebut merupakan gejala utama agar pasien stroke bisa segera mendapat penanganan yang tepat. Sebab, penangan medis yang terlambat menyebabkan risiko cacat permanen hingga kematian.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6146 seconds (0.1#10.140)