Ini Penyebab Menstruasi Datang Lebih Cepat

Rabu, 04 Juli 2018 - 20:30 WIB
Ini Penyebab Menstruasi Datang Lebih Cepat
Ini Penyebab Menstruasi Datang Lebih Cepat
A A A
JAKARTA - Setiap bulan, wanita akan mengalami menstruasi dengan berbagai macam keluhan. Umumnya, mestruasi datang satu kali dalam sebulan. Namun pada beberapa wanita, menstruasi bisa datang lebih cepat.

Meski demikian, tak perlu khawatir. Dilansir The Health Site, konsultan kandungan dan kebidanan Nanavati Super Speciality Hospital India, Dr Maya Lula menjaskan, menstruasi yang datang lebih cepat bisa disebabkan karena beberapa hal.

Menstruasi yang datang lebih cepat ini, di antaranya karena stres yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Selain membuat menstruasi datang lebih cepat, stres juga dapat menyebabkan penundaan siklus menstruasi. Penyebab lainnya adalah gangguan emosional.

Gangguan emosional bisa menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi menjadi berantakan. Penggunaan pil KB juga perlu diwaspadai. Sebab penggunaan pil KB dan aktif secara seksual dapat meningkatkan risiko menstruasi datang lebih cepat.

Umumnya, siklus menstruasi normal wanita adalah 28 hari. Namun siklus yang lebih singkat atau lebih panjang juga bisa terjadi. Dimana siklus menstruasi singkat yaitu 21 hari dan paling panjang adalah 35 hari. Perbedaan 5-7 hari, masih menjadi hal yang normal.

Namun jika perbedaan jadwal menstruasi dari biasanya lebih dari 7 hari, waspadalah lantaran bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Oleh karena itu guna menjaga kesehatan, Dr Lula menyarankan wanita untuk selalu memperhatikan jadwal menstruasinya setiap bulannya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5937 seconds (0.1#10.140)