6 Tips Cara Makan Sehat, Makan Perlahan hingga Konsumsi Omega 3

Selasa, 31 Juli 2018 - 13:09 WIB
6 Tips Cara Makan Sehat,...
6 Tips Cara Makan Sehat, Makan Perlahan hingga Konsumsi Omega 3
A A A
JAKARTA - Bukan rahasia umum bahwa kebiasaan makan yang sehat secara teratur mengarah pada tubuh yang sehat, tanpa penyakit jangka pendek atau jangka panjang.

Semakin Anda sehat, semakin banyak energi dan stamina yang akan ditanggung tubuh, menghasilkan metabolisme yang lebih baik, pencernaan yang baik, usus yang sehat, dan pikiran yang sehat. Lalu apa saja makanan sehat itu? Seperti dilansir Boldsky, berikut ulasannya.

1. Jangan Lewatkan Sarapan
Sarapan seharusnya bergizi dan memuaskan, mengingat kegiatan yang mungkin dilakukan sepanjang hari. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan sarapan, dan selalu pilih makanan kaya protein dan berorientasi energi untuk sarapan. Misalnya, telur, gandum, ragi, millet, dan lainnya.

2. Hindari Makan Jika Tidak Benar-Benar Lapar
Sangatlah penting untuk merasa lapar, sebelum Anda makan. Ketika Anda makan setelah merasa lapar, lambung yang disekresikan di perut bersama dengan enzim pencernaan yang mengarah ke pencernaan menjadi lebih baik.

3. Minum Air yang Cukup dan Hindari Minuman Soda
Minum air hangat pagi hari atau sepanjang hari dapat membantu mengeluarkan racun, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah segala bentuk kram atau terkilir, mempromosikan manajemen berat badan yang sehat dan meningkatkan tingkat energi.

4. Kurangi Kecepatan Makan
Jangan melahap makanan dengan cepat. Pastikan bahwa Anda makan dengan lambat. Jika Anda pemakan cepat, pelan-pelan! Ini hanya akan menyebabkan asupan lebih banyak kalori karena otak biasanya memerlukan waktu hingga 20 menit untuk memberi sinyal perut kenyang, dan Anda pasti akan makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan.

5. Makan di Waktu Biasa
Tubuh Anda akan berfungsi jauh lebih baik, ada timing reguler untuk asupan makanan. Jam tubuh mengatur dirinya sendiri sesuai dengan keteraturan dalam jadwal makanan Anda sepanjang hari. Setiap inkonsistensi atau pengaturan waktu makan yang tidak teratur tidak dianjurkan.

6. Sertakan Omega-3 dan Vitamin D dalam Diet

Omega-3 adalah baik untuk meningkatkan imunitas, kesehatan otak, berfungsi jantung dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Biji rami, minyak canola, walnut, kedelai, dan ikan seperti salmon, mackerel, dan lainnya. Semuanya kaya omega-3.

Sementara vitamin D, baik untuk kesehatan tulang dan kekebalan yang baik. Oleh karena itu, pilihlah makanan seperti keju, kuning telur, susu kedelai, sereal, dan keju, bersama dengan ikan seperti tuna, mackerel dan salmon.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0767 seconds (0.1#10.140)