Rutin Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Cegah Stres dan Depresi

Jum'at, 17 Agustus 2018 - 15:09 WIB
Rutin Konsumsi Sayur...
Rutin Konsumsi Sayur dan Buah Bisa Cegah Stres dan Depresi
A A A
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan manfaat runtin mengkonsumsi sayur dan buah. Tak hanya baik untuk pencernaan, juga dapat membantu menjauhkan stres dan mencegah depresi. Penelitian ini dilakukan oleh University College Cork.

Dilansir The Sun, Profesor John Cryan mengatakan kandungan serat pada buah dan sayur dapat menstimulasi bakteri baik di usus untuk memproduksi enzim SCFA. Sementara enzim SCFA bekerja untuk menurunkan kadar stres pada tubuh.

"Dengan menurunnya kadar stres, maka risiko mengalami masalah kejiwaan turunannya seperti kecemasan dan depresi juga bisa berkurang," kata Cryan.

Penelitian dilakukan dengan cara memberikan asupan makanan tinggi serat pada mencit. Selanjutnya, mencit dianalisis kadar bakteri baik dalam pencernaannya dan dites kadar stresnya. Hasilnya ditemukan tidak terduga bahwa asupan yang kaya serat mampu membuat mencit lebih bahagia.

Fakta lainnya juga ditemukan, risiko gangguan kecemasan dan depresi menurun dibandingkan mencit yang tidak mengonsumsi sayur dan buah. Namun, peneliti belum mengetahui apa peran serat sehingga dapat membuat produksi enzim SCFA meningkat. Peneliti menduga, ini berhubungan dengan sifat bakteri baik pada usus yang tumbuh subur jika konsumsi serat meningkat.
(tdy)
Berita Terkait
PERMINESIA Dorong Edukasi...
PERMINESIA Dorong Edukasi Kesehatan Tubuh dan Hormonal bagi Perempuan Menopause
Generali Health Cities...
Generali Health Cities di 17 Kota Demi Kesehatan Masyarakat
Mutu Fasilitas Kesehatan...
Mutu Fasilitas Kesehatan Menentukan Kesehatan Masyarakat
Optimalisasi Kesehatan...
Optimalisasi Kesehatan Pencernaan Anak untuk Kesehatan Holistik
Vaksinasi Tenaga Kesehatan...
Vaksinasi Tenaga Kesehatan Lansia
Idap Gangguan Kesehatan...
Idap Gangguan Kesehatan akibat Banjir, Para Lansia Serbu Layanan Kesehatan Gratis
Berita Terkini
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
44 menit yang lalu
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
1 jam yang lalu
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
1 jam yang lalu
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
2 jam yang lalu
Bantah Nikmati Uang...
Bantah Nikmati Uang Jemaah Hanania, Keanu AGL Serahkan Rekening Koran ke Polisi
2 jam yang lalu
Keanu Agl Diperiksa...
Keanu Agl Diperiksa Terkait Kasus Hanania Group, Bantah Terima Uang Miliaran Rupiah
3 jam yang lalu
Infografis
5 Makanan yang Bisa...
5 Makanan yang Bisa Atasi Stres Akibat Kesepian
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved