Studi: Masak Sendiri Bikin Program Diet Jadi Efektif

Senin, 17 September 2018 - 20:16 WIB
Studi: Masak Sendiri Bikin Program Diet Jadi Efektif
Studi: Masak Sendiri Bikin Program Diet Jadi Efektif
A A A
JAKARTA - Memasak makanan sendiri dipercaya dapat membuat diet yang Anda jalani lebih berhasil. Ini berdasarkan temuan para peneliti dari Sekolah Kesehatan Masyarakat di Universitas Washington. Mereka melakukan penelitian dengan mewawancarai responden selama bertahun-tahun hingga saat ini.

"Memasak lebih sering di rumah membuat seseorang memiliki diet dan lebih hemat biaya, dibandingkan membeli makanan di restoran yang umumnya kurang sehat," kata Adam Drewnowski selaku Direktur Pusat Kesehatan Masyarakat dan Ahli Nutrisi.

Dilansir Sciencedaily, Drewnowski mengukur berat badan dan diet sehat pada 437 responden. Responden juga diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait hubungan antara kebiasaan memasak dan diet. Hasilnya, mereka yang hobi masak, rata-rata berhasil menjalani diet.

Hal ini disebabkan karena porsi makan yang terkontrol serta jenis makanan yang dikonsumsi lebih sehat sehingga diet berhasil. "Perbedaannya signifikan, bahkan dengan sampel studi yang relatif kecil," ujar Drewnowski yang juga ahli gizi kesehatan masyarakat.

Tanpa disadari, hobi atau kebiasaan memasak di rumah membantu mereka untuk tidak konsumsi junk food. Dengan demikian, keseimbangan gizi menjadi terpenuhi dengan baik. Selain itu, penelitian ini juga menemukan manfaat lain dari hobi memasak.

Memasak dapat menjadi sebuah hiburan yang menyenangkan. Pasalnya, dengan memasak, dapat mengasah kreativitas dalam mengolah resep sesuai selera yang diinginkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7422 seconds (0.1#10.140)